Tak Sekedar Peringati Maulid Nabi namun Teladani dan Terapkan!

SMA Islam Hidayatullah Semarang (SMAHA) menghelat peringatan Maulid Nabi Muhammad Salallaahu’alaihi Wasallam 1445 H pada Jumat 6 Oktober 2023. Acara yang diprakarsai Rohis SMAHA ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, XII, dan guru SMAHA di ruang aula. Kegiatan ini berlangsung lancar dan hikmad dari pagi hingga sore hari.

Peringatan Maulid Nabi tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini diawali dengan aneka games di pagi hari yang diikuti seluruh siswa, antara lain Game Estafet dan Game Connected. Games ini tentu menambah semaraknya acara. Siswa bermain game dengan ceria dan antusias. Selain siswa merasa fun, mereka juga ditantang wawasannya dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan siroh Rasulullah Salallaahu’alaihi Wasallam.

Siang hari, acara dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Nabi, sholawat pun menggema di aula yang dilantunkan oleh seluruh guru dan siswa. Acara berikutnya adalah pertunjukan drama dengan judul “The Coming of Rasulullah.” Kisah Rasulullah dari lahir hingga wafat dikemas menjadi pertunjukan drama yang memukau audien. Riziq Budi (XII MIPA 1) selaku penulis skenario Drama menuturkan bahwa drama yang dirancang dan diperankan oleh ini mengajak seluruh siswa untuk menengok kembali kisah istimewa hadirnya Rasulullah di bumi. Banyak keteladanan yang bisa dipetik dari kisah Rasulullah, antara lain kehidupan Rasulullah menjadi yatim piatu sejak kecil, perjuangan mengenalkan Islam kepada masyarakat yang masih jahiliah saat itu, hingga Rasulullah dipanggil oleh Allah Subhanahu Wata’ala.”

Sri Widayati, S.Pd. selaku Waka Kesiswaan di tengah sambutannya menyampaikan, “Hari ini kita tidak hanya memeringati Maulid Nabi tapi yang lebih utama adalah mari kita ambil hikmah dari perjalanan hidup Nabi Muhammad Salallaahu’alaihi untuk kita teladani dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Penulis : Nunung Kusumawati, S.S., M.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.