SMAN 9 Semarang Gelar Expo Campus 2023

Pengenalan perguruan tinggi merupakan kegiatan yang  penting bagi siswa untuk mendukung pilihan karier setelah lulus SMA. Dalam rangka mendukung tujuan sekolah, Bimbingan Konseling SMA Negeri 9 Semarang mengadakan bimbingan karier pada siswa yang akan melanjutkan pendidikan lanjutan ke Perguruan Tinggi. Hal ini untuk untuk memfasilitasi siswa dalam menentukan arah pilihan karirnya yaitu dengan layanan bimbingan dan konseling karir yang merupakan salah satu komponen dalam pelayanan bimbingan dan konseling sebagai program yang terintegrasi dengan keseluruhan program pendidikan di sekolah. Selain itu, dengan adanya program tersebut dapat membantu mempersiapkan generasi muda yang berkualitas ditahun Indonesia Emas mendatang. Menjawab tantangan tersebut BK SMA Negeri 9 Semarang mengadakan EXPO CAMPUS 2023 dengan tema “Generasi Hebat untuk Menyongsong Indonesia Emas”.

Kegiatan Expo Campus ini di ikuti oleh beberapa perguruan tinggi yang ada di Semarang dan sekitarnya baik negeri maupun swasta yaitu antara lain UIN Walisongo, Psikologi Universitas Diponegoro, Univerditas Kristen Satya Wacana, Universitas Nasional Karangturi, Universitas Semarang, STIE BPD Jateng, Universitas Widya Husada, Sekolah Tinggi Pharmasi Semarang, Piliteknik Katolik Mangunwijaya, Universitas Wahid Hasyim, STIKES Telogorejo, Unika Soegijapranata. Selain dari perguruan tinggi kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa bimbingan belajar yang ada di Semarang yaitu Prosus Inten, Sulaimaniyah, dan Indonesian Collage.

Jumlah peserta expo campus dari perguruan tinggi dan bimbingan belajar sebanyak 18 stand. Kegiatan expo campus ini dikhususkan untuk siswa kelas XII sehingga dapat memberikan gambaran untuk memilih kariernya setelah lulus. Selain siswa kelas XII siswa kelas X maupun kelas XI juga diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Selain pameran perguruan tinggi dan bimbingan belajar, kegiatan Expo Campus juga mengadakan sosialiasi untuk orang tua/wali murid kelas XII, sosialiasi tersebut mengundang perwakilan dari Bina Nusantara sebagai pembicara.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua/wali murid berkaitan dengan dunia perkuliahan dan beasiswa beasiswa apa saja yang dapat diikuti oleh siswa, sehingga dengan adanya sosialiasi ini orang tua dapat memberikan dukungan penuh kepada siswa untuk memilih kariernya.Acara Expo Campus ini juga dimeriahkan oleh bakat – bakat dari siswa SMA Negeri Semarang seperti penampilan Band, tari tradisional dan tari modern.

Kegiatan expo campus ini adalah salah satu upaya SMA Negeri 9 Semarang untuk mendukung pilihan karier dari siswa, dengan bekerjasama dengan berbagai pihak seperti perguruan tinggi dan orang tua sehingga siswa dapat membuat keputusan karier yang matang dan sesuai dengan bakat serta  minatnya. Semoga kegiatan ini terus berlanjut karena kegiatan ini bermanfaat untuk mendukung pilihan karier siswa.

Penulis: Heru Febrianto, S. Pd.