SMKN 10 Semarang Selenggarakan Pelatihan Upskilling untuk Guru RPL

Semarang, 11 Oktober 2023 – Kemampuan yang terus berkembang merupakan kunci sukses dalam mencapai karier yang cemerlang, baik bagi individu maupun institusi. Sekolah pun turut berperan dalam mempersiapkan guru berkualitas agar mampu menghadapi tantangan pendidikan di masa mendatang. Dalam upaya mendukung perkembangan ini, SMKN 10 Semarang meluncurkan program pelatihan upskilling, yaitu suatu proses pembelajaran atau pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan akan peningkatan kualifikasi dan kemampuan manusia menjadi semakin mendesak. Untuk itulah, SMKN 10 Semarang memfokuskan upaya ini pada guru bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), yang perlu terus mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Kegiatan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan SMK ini dimulai pada hari Rabu, 11 Oktober 2023, di ruang pertemuan Baita Adiguna. Pelatihan  direncanakan  berlangsung selama tiga hari ke depan ini menghadirkan narasumber dari BBPPMPV KPTK Gowa Makasar.

Pada hari pertama pelatihan upskilling, Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, membuka acara dengan memberikan arahan kepada para guru. Beliau mendorong para guru untuk mengembangkan Growth Mindset, yaitu sikap mental yang terbuka untuk terus belajar dan menghadapi perubahan. Acara dilanjutkan dengan sesi Pelatihan tentang 3D Art dan Game yang dipandu oleh dua guru RPL SMKN 10 Semarang, Bapak Sonalita Wiguna dan Bapak Andhen Priyono.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Nur Kholifah, mengungkapkan manfaat besar dari program ini. “Pelatihan upskilling ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama dalam penguatan bidang teknologi informasi. Kami mendapatkan pemahaman baru tentang cara membuat game edukasi untuk pembelajaran,” ujar Ibu Nur Kholifah.

Dengan pelatihan upskilling ini, SMKN 10 Semarang memberikan bukti komitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan guru-guru RPL untuk menghadapi perubahan yang terus berlangsung dalam dunia teknologi. Upaya ini diharapkan akan membawa manfaat besar bagi perkembangan pendidikan di masa mendatang.

Penulis : Nur Kholifah, S.Pd, Guru Bahasa Jepang SMKN 10 Semarang