Membentuk Pemimpin Berkualitas dan Berintegritas melalui Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSISMAHA

SMAHA (SMA Islam Hidayatullah Semarang) baru-baru ini berhasil melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS dengan tema “Growing Smaha Quality Leaders with Integrity.” Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 13 hingga 14 Oktober 2023, yang diikuti 25 calon pengurus OSIS dan 21 pengurus OSIS kelas   XII. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membentuk karakter dan kepribadian tangguh serta berintegritas calon pengurus OSIS (CPO) SMAHA.

LDK OSIS diselenggarakan secara kolaborasi antara SMAHA dan Madani Adventure and Outbond Semarang. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengasah keterampilan kepemimpinan mereka. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai di kampus SMA Islam Hidayatullah dan berlanjut di Vanaprasta Gedongsongo, Kabupaten Semarang.

         

Hari pertama LDK dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia raya dan Hymne Hidayatullah serta sambutan resmi dari Kepala SMA Islam Hidayatullah Semarang, Etik Ningsih S.Pd. Dalam sambutannya, Ibu Etik Ningsih mengingatkan peserta LDK, terutama calon-calon pengurus OSIS (CPO), untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, karena untuk masuk menjadi CPO itu tidak mudah, harus mengikuti seleksi yang sangat ketat yang diikuti lebih dari 50 siswa. Peserta LDK merupakan siswa yang terpilih dari puluhan siswa lainnya. Dia menekankan pentingnya karakter dan integritas dalam kepemimpinan yang akan mereka bangun dalam berorganisasi. Selain itu ada banyak materi kepemimpinan yang diberikan kepada CPO dalam kegiatan ini, seperti: Keorganisasian yang disampaikan oleh Ibu Sri Widayati, S.Pd. Publik Speaking dan Teknik Lobi oleh Ibu Nunung Kusumawati, M.Hum, Pembuatan Proposal oleh Ibu Annisa Erwindani, S.Pd., serta Akhlak pemimpin dan Komitmen Organisasi oleh Pembina OSIS Ibu Lutfiyatin Inayah, S.Pd.I.

   

Hari kedua LDK diadakan di Vanaprasta Dongsongo, Bandungan, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini mencakup berbagai aktivitas, seperti Latihan PBB, Manajerial, Karakter Building, Makrab (Malam keakraban), Pensi, dan Outbond. Dalam rangkaian kegiatan ini, peserta diajak untuk bekerja sama, menjadi team work yang solid, dan mengasah keterampilan komunikasi serta kepemimpinan mereka.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari seluruh peserta, yang terdiri dari calon pengurus OSIS yang memiliki semangat untuk tumbuh sebagai pemimpin berkualitas. Para peserta juga berharap bahwa LDK ini akan membantu mereka dalam meraih tujuan mereka untuk menjadi pemimpin yang berkualitas dan berintegritas di sekolah.

SMAHA patut berbangga atas upaya mereka dalam membentuk pemimpin masa depan yang berkompeten dan berintegritas, dan semoga kegiatan ini akan menjadi modal berharga bagi para siswa dalam perjalanan mereka menjadi pemimpin yang tangguh dan berkualitas, aamiin.

Penulis: Lutfiyatin Inayah, S.Pd.I. Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah Semarang.