SMAN 16 Semarang Lakukan Pembinaan Karakter  melalui Kemah Pelantikan Penegak

Dewan Ambalan Kendalisodo dan Dewi Anjani, Gugus Depan Kota Semarang 15.007 – 15.008 Pangkalan SMAN 16 Semarang kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaan karakter yang dibingkai dalam pembinaan kepramukaan. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan Kemah Pelantikan Pramuka Penegak Bantara pada Jum’at – Sabtu (13 – 14 Oktober 2023) yang berlangsung di SMAN 16 Semarang dan Bumi Perkemahan Harda Walika Jatirejo, Gunungpati Kota Semarang.

Pembinaan karakter merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menyaring para kader terbaik dari seluruh siswa SMAN 16 Semarang. Selain itu, kegiatan ini berguna untuk melanjutkan tugas pokok Dewan Ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat Penegak Bantara. Perlu diketahui, untuk mengikuti pelantikan penegak bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Pelantikan pramuka Penegak Bantara ini diikuti oleh anggota pramuka SMA Negeri 16 Semarang yang terdiri dari 4 putra dan 12 putri yang masih duduk pada bangku sekolah kelas X, XI dan XII. Sebelum proses pelantikan dilaksanakan, pada Sabtu (14/10) dini  harinya para calon Bantara melakukan Long March Dari SMAN 16 Semarang sampai dengan Bumi Perkemahan Harda Walika Jatirejo Gunungpati Kota Semarang. Hal ini dilakukan guna menguji ketahanan, kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan dan guna memunculkan rasa saling tolong menolong antar anggota yang dapat terlihat dapat perjalanan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dewan Ambalan Kendalisodo dan Dewi Anjani dengan prosesi pelantikan Pramuka Penegak Bantara berlangsung khidmat dan tertib oleh Ketua  Gugus Depan Kota Semarang  15.007, Kakak Muchammad Zainal Arifin diawali dengan tanya jawab kepada calon Penegak Bantara, pengucapan Tri Satya, dan diakhiri dengan penyiraman air suci.

Dalam amanat pembina upacara pelantikan, Kak Zainal, selaku Ka Gudep SMA Negeri 16 Semarang memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Dewan Ambalan yang selalu menunjukkan keaktifannya dalam berorganisasi dengan baik dan terarah yang ditandai kegiatan pelantikan ini yang terselenggara kembali setelah sempat terhenti karena Pandemi Covid19, Dewan Ambalan senantiasa mempersiapkan sebaik mungkin demi berjalannya kegiatan dengan sukses. “Saya sangat bangga dengan pramuka Bharata Adi Jaya yang tiap tahunnya selalu menunjukkan eksistensinya di tingkat Cabang, Daerah maupun sampai Nasional”.

Penulis : Humas SMAN 16 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.