SMKN 10 Semarang ikuti Sosialisasi Pengisian Survei Pembiayaan Operasional pada Konsentrasi Keahlian SMK

Jum’at, 13 Oktober 2023, Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi mengadakan acara penting yang bertujuan untuk mendukung perumusan kebijakan dan kajian terkait pembiayaan operasional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengumpulkan data masukan terkait pelaksanaan aktivitas dan kegiatan di berbagai Konsentrasi Keahlian SMK.

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom, memungkinkan partisipasi dari berbagai pihak tanpa terbatas oleh jarak. Peserta dari SMKN 10 Semarang yang turut serta dalam acara ini antara lain Bapak Mohammad Yunan, Setyawan, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana, Prasarana, dan Ketenagakerjaan), Ibu Meliana Dian Puspita, SE (operator Arkas dan Si Perkasa), serta Bapak Widakdo, S.T., M.T. (Kepala Konsentrasi Keahlian Konstruksi Kapal Baja).

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mengumpulkan masukan yang akan digunakan dalam perumusan kebijakan terkait pembiayaan operasional di SMK. Data-data yang diperoleh akan membantu Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan dalam mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi tantangan dalam pembiayperator Arkas dan Si Perkasa di SMKN 10 Semarang, menyatakan harapannya dalam acara ini. “Semoga semua anggaran yang diperlukan untuk kemajuan Konsentrasi Keahlian di SMK dapat dialokasikan dengan baik, baik melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun Biaya Operasional Pendidikan (BOP)”. Ujar Ibu Meliana Dian Puspita, SE yang mengungkapkan keprihatinannya terhadap banyak kegiatan yang harus dibatalkan akibat ketidakcukupan anggaran sekolah, serta minimnya anggaran dari dinas terkait. Harapannya, sosialisasi ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menyelesaikan masalah ini.

Dengan semangat kolaborasi dan komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan vokasi di Indonesia, acara “Sosialisasi Pengisian Survei Pembiayaan Operasional pada Konsentrasi Keahlian SMK” ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya mencapai pemajuan pendidikan SMK di tanah air.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum., Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang