Makrab Magapas Angkatan 14 Tema ‘Explorations One Goals’

Majelis Gabungan Pelajar sekota Semarang atau biasa yang disebut Magapas, mengadakan kegiatan tahunan makrab (malam keakraban). Makrab diadakan dengan mengundang perwakilan MPK dari setiap sekolah yang kurang lebih diikuti 28 sekolah kota dan kabupaten Semarang yang tergabung dalam forum Magapas. SMAN 16 Semarang dipercaya sebagai tuan rumah dalam acara makrab ini. Kegiatan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2023. Makrab merupakan program tahunan forum Magapas dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antar MPK sekota Semarang dan kabupaten Semarang. Rafialdo Farel selaku ketua panitia Makrab 2023 optimis bahwa acara tahunan ini dapat terselenggara dengan sukses. Kegiatan makrab diawali apel pembukaan, dilaksanakan di lapangan kampus SMAN 16 Semarang dengan Ibu Trini Sri Sugiyanti, S.Th., Wakasek  Kesiswaan SMAN 16 Semarang, sebagai pembina apel. Beliau memberikan motivasi dan menerima semua siswa dengan hangat serta menitipkan pesan dari Kepala Sekolah SMAN 16 untuk semua Kepala Sekolah yang hadir, “Salam hormat dan terima kasih atas kepercayaan sekolah memenuhi undangan mengadakan acara di kampus SMAN 16 Semarang.”

Kegiatan dilanjutkan dengan materi singkat seputar Magapas. Pemateri berasal dari alumni Magapas, dilanjutkan berbagi pengalaman kegiatan lalu ishoma dan api unggun. Kegiatan api unggun berjalan lancar. Para peserta mengikuti dan mendengarkan amanat dengan khidmat. Dilanjutkan  pentas seni (pensi) dari setiap kelompok dan berjalan sangat meriah. Para peserta menunggu giliran maju melalui spin yang dilakukan oleh panitia. Setiap kelompok melakukan pensi yang berbeda. Ada yang menampilkan flashmob, musikalisasi puisi, puisi berantai, dan drama musikal kelompok. Di pagi harinya mereka melakukan kegiatan jelajah pagi di area sekolah SMAN 16 Semarang. Game yang diadakan menambah hangatnya suasana sambil bercanda dan seru. Jalan  pagi mengelilingi area luar sekolah merupakan kegiatan yang memancing antusias peserta terhadap rasa keingintahuannya tentang daerah sekitar  SMAN 16 Semarang, merupakan kebanggaan tersendiri dari SMAN 16 karena letak yang berada di pedesaan.

Mereka belajar berorganisasi, belajar hidup berdampingan tanpa membedakan saling menghargai dan menghormati, bekerja sama yang indah dan mengagumkan. Suasana yang sangat indah terlihat di usia mereka meski tanpa ada campur tangan generasi kita. SMAN 16 selaku tuan rumah menyediakan tempat dan mendampingi jika memerlukan penjelasan seputar fasilitas. Tangung jawab mereka seputar fasilitas juga luar biasa. Semua kegiatan dan acara mereka yang merencanakan dan melaksanakan. Inilah kekaguman saya secara pribadi. Kewajiban kita sebagai pendidik melihat generasi muda yang begitu bersemangat dan rukun adalah memberi kesempatan dan ruang untuk berkembang. Terima kasih untuk semua sekolah yang berpartisipasi sehingga kegiatan ini ada, sekalipun tidak ada kepanitian dari generasi tua namun acara sedemikian tertib dan patut dibanggakan oleh sekolah-sekolah pengirim.

Dalam setiap rangkaian kegiatan seluruh peserta dan panitia sangat antusias mengikutinya. Mereka berasal dari sekolah-sekolah yang berbeda dan belum bertemu sebelumnya kecuali panitia, namun mereka saling menghargai, menghormati, mematuhi dan disiplin. Suasana tenang namun akrab menyelimuti rangkaian kegiatan tersebut yang memunculkan kekaguman tersendiri mengingat mereka mampu melaksanakan dengan teratur seluruh rangkaian kegiatan. Kegiatan diakhiri dengan apel penutupan yang sebagai Pembina apel yakni Bapak Risma Ananda Putra, S.Pd., selaku perwakilan dari SMAN 16 Semarang. Beliau berharap bahwa dengan adanya acara makrab, para peserta dapat mengambil segala sisi positifnya dan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat ke sekolah masing-masing. Kemudian acara diakhiri dengan pelepasan cocard peserta.

 

Penulis : Trini Sri Sugiyanti, S.Th., Waka Kesiswaan SMAN 16 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMK 1 Tuntang