SMAHA Gemakan Cinta Budaya dan Bahasa

SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) Semarang menggelar puncak gebyar Bulan Bahasa pada Jumat (27/10/2023). Kegiatan ini merupakan wujud kecintaan warga SMAHA kepada bahasa nasional sekaligus peringatan hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Bulan Bahasa tahun ini mengangkat tema “GEMARAYAKAN (Generasi Milenial Lestarikan Bahasa dan Rayakan Kebhinekaan). Bu Annisa  selaku koordinator pelaksana menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan berliterasi serta mengembangkan bakat siswa dalam seni dan kreativitas.

Peringatan Bulan Bahasa ini dimeriahkan dengan berbagai lomba  seperti lomba monolog cerita rakyat yang sudah dilaksanakan 9-23 Oktober, lomba kelas terkompak, dan audisi Mbak Mas SMAHA. Lomba tersebut diikuti oleh semua kelas X-XII.

Meriah dan memukau. Itulah gambaran puncak gebyar Bulan Bahasa di SMAHA. Diawali dengan pawai budaya dengan rute jalan sekitar sekolah. Setiap kelas membawa atribut kebudayaan sesuai dengan daerah yang mereka dapatkan.  Tidak hanya itu, ada juga  kelas yang memanfaatkan momen tersebut berbagi keberkahan di Hari Jumat. 

Seusai pawai, seluruh warga SMAHA berkumpul di aula untuk menyaksikan audisi Mas Mbak SMAHA 2023. Bak pemilihan Puteri Indonesia, sebanyak 6  siswa dan 6 siswi yang mewakili kelas membuka acara audisi Mas  Mbak SMAHA dengan penampilan memukau yang dikoreografer-i oleh Ibu Puput. Kemudian, mereka diberi kesempatan untuk show mempromosikan kebudayaan daerah yang mereka dapatkan. Dari situlah juri memilih 3 calon Mas dan 3 calon Mbak SMAHA. Sebanyak 6 finalis yang lolos di tahap awal ini melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu sesi tanya jawab oleh juri. Pertanyaan yang diberikan terkait tiga hal yaitu ke-SMAHA-an, seni dan budaya, serta wawasan umum tentang isu terkini. Ke-6 finalis memberikan jawaban yang memukau. Tata panggung, musik, dan lighting turut menambah kesan “elegan” acara ini.

Sembari menunggu hasil rapat juri, tim tari SMAHA yaitu Gana Akusara memberikan tarian yang memukau. Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. MC membacakan finalis yang terpilih menjadi Mas dan Mbak SMAHA 2023, yaitu Raka H (XII MIPA 1) dan Sharleen Annisa (XII MIPA 2). Penyematan slempang dilakukan oleh Mas Mbak SMAHA 2022 yaitu Annisa Nasywa (XI-3) dan Hasan Tsabit (XII MIPA 1). Kemudian, dilanjutkan dengan pengumuman kelas terkompak. 

Azka Aqila (X-3) menyampaikan jika kegiatan ini sangatlah apik. “Saya bangga sekolah di SMAHA. Terima kasih kepada kakak OSIS dan ibu bapak guru yang telah membuat acara sebagus ini. Semoga melalui acara ini, kita semua bisa tambah bangga dengan kebudayaan yang ada di Indonesia”, tambah Azka.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.