STEMSA Sumbang Satu Emas untuk Jateng Diajang LKS Nasional 2023

Lomba Kompetensi Siswa  (LKS) adalah ajang unjuk kemampuan dan ketrampilan bagi siswa SMK. LKS diselenggarakan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat nasional.  Bahkan bagi yang juara nasional kemudian akan dikirim mewakili Indonesia di ajang Word Skill Competitions (WSC). Dan tahun ini ajang LKS nasional ke XXXI di gelar di Surabaya, Jawa Timur. Event yang mempertemukan juara-juara di tingkat provinsi se- Indonesia. Jawa Tengah ikut ambil bagian diajang LKS nasional dengan mengirimkan jawara tingkat provinsi dari 37 mata lomba yang diperlombakan. Berangkat dengan menggunakan 2 armada bus membawa 44 peserta dan 37 pembimbing dan diberangkatkan pada tanggal 23 Oktober 2023 pagi dari Hotel Grasia Semarang. Sebelumnya tim Jawa Tengah dikumpulkan di Hotel Grasia dari tanggal 22 Oktober sampai 23 Oktober 2023  untuk pembekalan sekaligus pengukuhan tim oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

SMKN 1 Semarang mengirimkan 2 tim dengan 2 pembimbing. Masing-masing adalah mata lomba  alat berat ( Heavy Equipment) dengan 2 peserta dan 1 pembimbing dan mata lomba teknik perancangan pemesinan  CAD (Mechanical Engineering CAD) dengan 1 peserta dan 1 pembimbing. Di ajang ini, mata lomba alat berat sementara belum mendapatkan mendali. Kegiatan LKS nasional dimulai tgl 23 Oktober 2023 bertempat di SMK 5 Surabaya. Setelah sampai, tim menurunkan peralatan yang akan digunakan dan melakukan familirisasi tempat dan peralatan. Hari kedua , selasa 24 Oktober 2023 acara dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur di auditorium  Universitas Airlangga. Acara ini berlangsung pukul 08.00 hingga 13.0 WIB, kemudian pukul 14.00 di hari yang sama juga dilakukan temu teknik dengan tim juri yang bertempat di SMK Negeri 5 Surabaya.

Hari ketiga dan keempat, Rabu dan kamis,  tanggal 25 dan 26 Oktober 2023 proses perlombaan khusus mata lomba Mechanical Engineering CAD. Perlombaan ini, diikuti oleh 20 provinsi dengan 20 peserta.  Tim juri CAD terdiri dari 5 orang  yang berasal dari BBPPMPV BOE, PT Inovasi CAD Indnesia, PT denso Indonesia, PT Promanufacture Indonesia dan PT Taihei dengyo Indonesia. Diajang ini, Bagus Syaiful Fadli dari SMK Negeri 1 Semarang yang didampingi Bapak Lis Prasetyo mampu menyabet mendali emas mengungguli Jawa Barat dan kepulauan Riau di Urutan 2 dan 3. Atas prestasinya, Bagus mendapatkan tawaran beasiswa kuliah gratis dari Politeknik Astra Jakarta.

Penulis : Sunar, Humas SMKN 1 Semarang.

Editor : Megawati Retnaningtyas, S.Pd.,Gr. Guru SMKN 5 Semarang.