Screening Peserta Didik SMKN 1 Tuntang

Kesehatan anak terutama usia remaja merupakan hal yang penting, mengingat anak merupakan generasi penerus bangsa. Penyelenggaraan upaya kesehatan bertujuan melakukan perbaikan terhadap segala bahaya dan ancaman pada kesehatan hidup manusia. Sebagai calon ibu saat dewasa kelak, khususnya remaja putri sebaiknya memiliki kualitas kesehatan yang baik. Penjaringan dan Pemeriksaan Berkala Anak Sekolah (screening) merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin untuk mengetahui perkembangan kesehatan peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali oleh Puskesmas Gedangan Kabupaten Semarang. Penjaringan dilakukan untuk siswa kelas X dan pemeriksaan berkala dilakukan untuk siswa kelas XI dan XII.

Screening kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri (tinggi badan, berat badan, Indeks Massa Tubuh), pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan, pendengaran dan tes buta warna), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, screening merokok, pemeriksaan kadar gula darah sewaktu (GDS) dan pemeriksaan Hemoglobin (Hb) bagi siswi putri sebagai deteksi dini terhadap adanya gejala anemia. Di sela-sela pemeriksaan siswa-siswi diberikan penyuluhan tentang gizi seimbang pada remaja serta pemberian Tablet Tambah Darah atau tablet Fe. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 24, 25 dan 26 Oktober 2023 pada siswa kelas X, XI dan XII SMKN 1 Tuntang Kabupaten Semarang.

Setelah kegiatan selesai dan terekap semua data kesehatan siswa, untuk rencana tindak lanjut akan diberikan intervensi penyuluhan kesehatan dari tim Puskesmas Gedangan untuk siswa-siswi yang memiliki masalah kesehatan seperti anemia dan masalah kesehatan lainnya. Kegiatan berlangsung dengan lancar karena adanya kerjasama yang baik antara Guru SMK N 1 Tuntang, peserta didik anggota PMR SMK Negeri 1 Tuntang dan Tim dari Puskesmas Gedangan. Seluruh kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala selama 3 hari berjalan dengan baik dan dilaksanakan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga dari kegiatan screening kesehatan yang telah dilaksanakan dapat membawa kebaikan bagi seluruh warga SMK N 1 Tuntang.

 

Penulis : Juli Mufti Siroj, S.T., Guru SMKN 1 Tuntang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang