Siswa SMAN 5 Semarang Senam Jingle Pemilu & Pelajar Pancasila

432 Siswa kelas XI SMAN 5 Semarang mengikuti senam bersama di lapangan SMAN 5 Semarang pada hari Jumat, 20 Oktober 2023. Senam bersama ini dilaksanakan dalam rangka projek P5 Suara Demokrasi. Lagu yang dipilih sebagai lagu utama untuk senam adalah Jingle Pemilu dan Pelajar Pancasila. Jingle Pemilu dinyanyikan oleh Kikan Namara dengan lagu berjudul Memilih Untuk Indonesia. Diharapkan melalui senam ini siswa memahami tentang pemilu yang akan berlangsung 14 Februari di tahun 2024. Meskipun projek P5 suara demokrasi berakhir, diharapkan siswa tetap menerapkan pengetahuan tentang demokrasi dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan di masyarakat.

Tiba waktunya untuk gunakan hak pilih kita/ salurkan aspirasi bersama demi bangsa/ teguh percaya suara kita sangat berharga/ menentukan arah masa depan Indonesia/ langsung umum bebas rahasia/ jujur dan adil/ sebagai sarana integrasi bangsa// ayo rakyat Indonesia/ bersatu langkahkan kaki menuju bilik suara/ Rabu 14 Februari// Ayo rakyat Indonesia/ Beri kontribusi nyata/ raih asa bersama/ kita memilih untuk Indonesia//

Begitulah lirik jingle pemilu yang digunakan dalam kegiatan senam bersama. “Kita tidak ingin materi tentang demokrasi yang sudah diterima siswa hanya diingat saat projek ini saja.  Pengetahuan yang mereka dapatkan seharusnya bisa terus mereka ingat dan implementasikan dalam kehidupan mereka,” ujar Daniar Solekha, S.Pd., guru PKn SMAN 5 Semarang sekaligus anggota tim projek suara demokrasi. “Kegiatan senam bersama tentunya sangat baik untuk kesehatan siswa. Selain itu kita bisa melihat anak-anak senang melaksanakan senam bersama. Semoga mereka semakin bersemangat mengikuti kegiatan projek setelah kegiatan ini,” kata Dra. Siti Asiyah, M.M., M.Pd., selaku Kepala SMAN 5 Semarang.

 

Penulis : Imaniar Yordan Christy, S.Pd., Guru SMAN 5 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang