Ajak Siswa Berwirausaha, SMAHA Gandeng Orang Tua Mengajar

Lingkungan belajar yang aman dan nyaman dapat memberikan siswa kesempatan dan kebebasan dalam proses belajar. Tidak hanya dari guru dan teman sebaya, orang tua pun juga dapat turut andil dalam menciptakan suasana belajar tersebut. Salah satu kegiatan yang dapat melibatkan orang tua di sekolah yaitu Orang Tua Mengajar. Melalui kegiatan tersebut, orang tua dapat berdinamika langsung dalam suasana kelas.

Selasa, 7 November 2023, SMAHA mengundang orang tua siswa kelas X untuk mengajar dan berbagi ilmu tentang berwirausaha. Kegiatan ini termasuk ke dalam rangkaian P5 tema “Kewirausahaan”. Hj. Emy Widiyarsi, Amd. (owner Bagorbucah-olahan snack dari bawang), Deni Setiadi, S.E. dan Madiarini, S.E. (owner Donat Kentang Asmojo), Erna Irawati, S.T. (owner Cafe Cemara), serta Aini (owner Warbun Sampangan) menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Beliau-beliau mengajar di setiap kelas, mulai dari X1, X2, X3, hingga X4. Banyak sekali ilmu yang disampaikan para narasumber hebat dalam kegiatan Orang Tua Mengajar ini. Mulai dari pengertian, jenis, tantangan, peluang, cara promosi, serta tips and trick dalam berwirausaha.

“Orang tua mengajar merupakan salah satu program sekolah yang dintegrasikan dengan pelaksanaan P5. Dalam projek ini, orang tua siswa yang berprofesi sebagai pengusaha atau wiraswasta terjun langsung di kelas bertemu dengan siswa untuk sharing ilmu terkait wirausaha. Semoga melalui program  siswa akan termotivasi untuk berwirausaha serta bisa mempererat silaturahum sekolah dengan orang tua”, ujar Taufik Nur Hidayat, S.Pd. Wakakur SMAHA. 

Salah satu narasumber yaitu Erna Irawati, S.T.,  sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kegiatan yang diadakan SMAHA ini sangat keren. Saya senang karena bisa berbagi ilmu kepada siswa tentang kewirausahaan. Meski hanya hal-hal dasar, semoga apa yang saya sampaikan bisa menjadi bekal bagi siswa untuk survive di dunia kewirausahaan”, tambah beliau.

Wakasis SMAHA, Ibu Sri Widayati, S.Pd.,  menambahkan jika kegiatan ini memberikan dampak positif bagi orang tua maupun siswa seperti, orang tua merasa senang bisa berinteraksi dan merasakan antusiasme siswa di kelas, orang tua merasa lebih dekat dengan guru dan sekolah, serta kegiatan ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mulai menciptakan kingkungan belajar yang positif.

Siswa pun sangat antusias dalam kegiatan ini. Rasa ingin tahu dalam berwirausaha mereka sangat tinggi. Banyak hal yang mereka tanyakan kepada narasumber. Tak lupa, para narasumber membawa hadiah bagi siswa. Mulai dari snack olahan, uang, hingga logam mulia.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.