BRT Feeder Pemerintah Kota Semarang Rute Jl. Kokrosono Semarang, Solusi Moda Transportasi Murah Bagi Siswa

Kepala SMK Negeri 10 Semarang, Bp. Ardan Sirodjuddin, S.Pd., sejak bulan Januari 2022 telah melakukan kajian terhadap kesulitan yang dihadapi oleh Siswa SMK Negeri 10 Semarang, khususnya yang tidak memiliki kendaraan pribadi saat berangkat dan pulang sekolah. Kesulitan yang dihadapi Siswa adalah akses menuju SMK Negeri 10 Semarang dari ujung jalan protokol (Jl. Siliwangi, Jl. Indraprasta, dan Jl. Mgr. Soegiopranoto), atau sebaliknya. Terkadang, banyak Siswa yang harus berjalan kaki sejauh lebih dari 2 km baik saat berangkat maupun pulang sekolah.

Memperhatikan kondisi tersebut di atas, Kepala SMK Negeri 10 Semarang bersama dengan Kepala SMA Negeri 14 Semarang, Kepala SMP Negeri 25 Semarang, dan SMK Pelayaran Wira Samudera Semarang, mengajukan permohonan ke Dinas Perhubungan Kota Semarang untuk disediakannya moda transportasi umum yaitu Feeder dan/atau BRT yang melewati sepanjang Jl. Kokrosono tersebut, mengingat selain Siswa SMK Negeri 10 Semarang terdapat juga kesulitan yang dihadapi oleh Siswa dari sekolah-sekolah tersebut di atas.

Difasilitasi oleh Ketua Komite SMK Negeri 10 Semarang, Bp. Zainal Abidin Petir, S.Pd., SH., MH., surat permohonan disampaikan kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, serta dilakukannya komunikasi dan audiensi dengan Sekretaris Daerah Kota Semarang, Bp. Ir. H. Iswar Aminudin, MT., dengan harapan permohonan moda transportasi yang dibutuhkan khususnya untuk Siswa, dan umumnya untuk Masyarakat sekitar dapat terwujud.

Alhamdulillah, setelah dilakukan kajian dan adanya perhatian dari Pemerintah Kota Semarang terhadap kebutuhan Siswa dan Masyarakat untuk mendapatkan layanan transportasi yang mudah dan murah telah terwujud. Tanggal 24 Oktober 2023, Petugas Dinas Perhubungan Kota Semarang memasang tanda pemberhentian naik/turun penumpang BRT Feeder di beberapa titik di Jl. Kokrosono. Dan, mulai tanggal 27 Oktober 2023 BRT Feeder 1B, rute Ngaliyan – Klampisan – Tugu – Kokrosono – Tugu Muda – Lemah Gempal – Suratmo – Ngaliyan telah mulai beroperasi.

Masih dalam rute ujicoba, BRT Feeder 1B belum sepenuhnya melewati jalur yang dibutuhkan Siswa maupun Masyarakat. Meski demikian, dengan hadirnya BRT Feeder tersebut telah memberikan solusi sebagian dari kesulitan yang dihadapi oleh Siswa yang bersekolah di sepanjang Jl. Kokrosono dan sekitarnya. Dengan harapan, secara bertahap Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Perhubungan diwaktu mendatang dapat memberikan layanan transportasi yang lebih baik lagi dengan rute yang lebih menjangkau kebutuhan Siswa dan Masyarakat sekitar.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis dan Editor: Tim Humas