Grisaba Expo dan Job Fair dalam rangka Puncak Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia di SMK Negeri 1 Bancak Tahun 2023

SMK Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah menggelar Puncak Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun 2023. Acara ini menjadi akhir dari seluruh rangkaian kegiatan Bulan Bahasa Sastra Indonesia di bulan Oktober. Rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dimulai sejak awal bulan Oktober dengan pencanangan program “Grisaba Berbahasa”, yaitu program yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berbahasa baik verbal maupun nonverbal yaitu dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa dalam komunikasi sekolah setiap hari.

Kegiatan lainnya dalam menyemarakkan Bulan Bahasa Sastra yaitu dilaksanakan berbagai lomba dari beberapa mapel bahasa. Mata pelajaran Bahasa Jawa menggelar lomba geguritan dan lomba karaoke campursari. Mata pelajaran Bahasa Inggris menggelar lomba karaoke lagu berbahasa inggris. Mata pelajaran agama menggelar lomba kaligrafi dan adzan. Mata pelajaran Bahasa Indonesia menggelar cipta karya puisi, majalah dinding, serta buletin. Juga dilombakan lagu koor mars Grisaba dan Pelajar Pancasila.

Pembukaan Grisaba Expo dan Job Fair sebagai Puncak Bulan Bahasa dan Sastra SMK Negeri 1 Bancak (25-26/10) dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah 1 Jawa Tengah, Dr. Siswanto, M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah 1 Jawa Tengah mengapresiasi Grisaba Expo dan Job Fair dalam Puncak Bulan Bahasa dan Sdatra SMK Negeri 1 Bancak. Dengan kegiatan siswa mendapatkan berbagai pengalaman secara langsung dalam hal kewirausahaan, meningkatkan kemampuan, literasi serta mengasah keterampilan dalam kesenian dan budaya. Serupa dengan Kepala Cabdin Wilayah 1 Jawa Tengah, Kepala SMK Negeri 1 Bancak, Salim, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat melatih mental untuk tampil di depan umum. Selain itu Beliau menambahkan bahwa dengan kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang nantinya dapat bermanfaat bagi setiap siswa di masa depan.

Peringatan Puncak Bulan Bahasa dan Sastra SMK Negeri 1 Bancak Tahun 2023 dimeriahkan dengan peragaan busana Program Keahlian DPB serta berbagai penampilan pentas seni dan budaya daerah. Pentas kesenian daerah yang ditampilkan oleh siswa antara lain, kesenian topeng ireng, gedruk, reog, drumblek, karaoke, tari tradisional dan kontemporer, serta pertunjukan kesenian pencak silat. Pada akhir rangkaian kegiatan, dilakukan penandatanganan komitmen Sekolah Anti Kekerasan dan Perundungan secara simbolis diawali oleh Kepala Cabdin Wilayah 1 Jawa Tengah diikuti oleh segenap guru, karyawan, dan seluruh siswa.

Penulis : Humas SMKN 1 Bancak.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.