SMK Negeri 10 Semarang Gelar Workshop TeFa Bersama UNIKA Soegijapranata

SMK Negeri 10 Semarang, SMK Pusat Keunggulan Rekayasa Perangkat Lunak, mengadakan workshop tentang Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendukung Penyelenggaraan Teaching Factory (TeFa) selama tiga hari, mulai dari tanggal Selasa 31 Oktober 2023 hingga 2 November 2023. Workshop ini bertempat di Ruang Baita Adhiguna SMK Negeri 10 Semarang.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK melalui penerapan konsep TeFa, yaitu model pembelajaran yang mengintegrasikan antara teori dan praktek secara langsung di lingkungan sekolah. Dengan TeFa, siswa dapat belajar dengan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar industri, sehingga dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan di dunia kerja.

Hari pertama workshop ini mendatangkan narasumber Guru Besar Sistem Informasi Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata, Prof. Dr. Ridwan Sanjaya, S.E., S.Kom., MS.IEC. Beliau memberikan materi tentang Kerjasama SMK dan Perguruan Tinggi dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL). Beliau menjelaskan bahwa PKL merupakan salah satu bentuk TeFa yang dapat memberikan manfaat bagi siswa SMK, antara lain: (1) Sinkronisasi keterampilan (skills), pengetahuan (knowledge), dan sikap (atitude) dengan dunia kerja, (2) Menambah pengalaman dan kualitas CV biodata siswa, (3) Meningkatkan kesiapan siswa dalam dunia kerja, dan (4) Meningkatkan kepuasan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri)

Pembukaan workshop diawali dengan sambutan Kepala SMK Negeri 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk mengembangkan potensi siswa dan guru dalam bidang rekayasa perangkat lunak. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Unika Soegijapranata yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman dengan sekolah.

Workshop dihadiri oleh peserta dari SMK Negeri 10 Semarang dan peserta eksternal. Peserta eksternal berasal dari berbagai SMK antara lain SMK Nusaputera 1, SMK Penerbangan, SMK Nusa Bakti, SMK Palebon, SMK Yayasan Pharmasi dan SMK Robbi Rodliyya. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan narasumber dan sesama peserta.

Workshop ini akan berlanjut hingga dua hari ke depan dengan materi-materi lain yang berkaitan dengan TeFa. Workshop ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta untuk menerapkan TeFa di sekolah masing-masing.

Penulis : Husna Amalana, M.Pd, Guru SMKN 10 Semarang