PKKS SMA N 16 Semarang Ajang Refleksi Diri

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) sudah menjadi agenda rutin tahunan di setiap Satuan Pendidikan. Namun, kegiatan tersebut tetap menjadi sarana yang baik sebagai ajang refleksi Sekolah agar terjadi peningkatan kualitas layanan Pendidikan. Pada hari Rabu,  1 November 2023, SMA Negeri 16 Semarang telah melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang dihadiri oleh dua pengawas sebagai tim penilai yaitu Dra. Galuh Wijayanti, M.Pd dan Dr. Budiharjo, S.Pd., M.Pd. 

Secara umum ada 4 kompetensi yang dinilai, diantaranya : 

  1. Pengembangan Diri dan Orang Lain
  2. Kepemimpinan Pembelajaran
  3. Kepemimpinan Manajemen Sekolah
  4. Kepemimpinan Pengembangan Sekolah

Selain dinilai oleh pengawas, juga ada instrumen yang diisi oleh perwakilan rekan sejawat guru, peserta didik dan orang tua/wali. Bahkan Dra. Galuh Wijayanti, M.Pd., yang biasa disapa Ibu Galuh menyempatkan diri untuk menyapa wali murid serta menyampaikan sekilas prestasi yang telah diraih SMA N 16 Semarang.

Dr. Sri Wahyuni, S.Pd.,M.Pd., selaku kepala sekolah juga menyampaikan bahwa segala prestasi yang dicapai SMA N 16 Semarang adalah hasil kerja keras dari semua Bapak/Ibu Guru SMA N 16 Semarang, bukan semata-mata prestasi beliau pribadi. Kegiatan PKKS berlangsung cair sehingga terjadi dialog yang baik antara penilai dengan tim PKKS dari SMA N 16 Semarang sehingga masukan dan saran dari para penilai dapat ditindaklanjuti dengan baik.

Dalam kegiatan PKKS ini baik Dra. Galuh Wijayanti, M.Pd., maupun Dr. Budiharjo, S.Pd., M.Pd., berpesan agar setiap kegiatan selalu dilaksanakan refleksi sehingga dapat diketahui kekurangan maupun kelebihannya. Harapannya setelah dilaksanakan refleksi maka kedepannya kegiatan-kegiatan apapun dapat meningkat kualitasnya.

Penulis : Anton Suwarno, S.Pd Guru SMA N 16 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.