LDK Membentuk Pribadi yang Cerdas dan Berkarakter

Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan dapat diraih oleh peserta didik. Profil tersebut didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Profil Pelajar Pancasila digunakan untuk menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan Pendidikan.

 SMA Negeri 1 Pabelan memiliki visi mewujudkan peserta didik yang memiliki akhlak  mulia, cerdas, terampil, berwawasan lingkungan, dan mampu berdaya saing global. Hal ini  sejalan dengan visi Kemendikbud untuk menghasilkan  Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif (Insan Kamil/Insan Paripurna). Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk  menghasilkan Insan kamil, salah satunya adalah melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM khususnya pelajar. Pelajar adalah calon pemimpin masa depan. Oleh sebab itu, sebagai bekal pemimpin masa depan SMA Negeri 1 Pabelan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS. 

Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan peserta didik, mempertajam pemahaman setiap anggota tentang dasar-dasar membangun kebersamaan, melatih kedisiplinan sehingga bisa meningkatkan jiwa kepemimpinan, kerjasama, dan solidaritas seluruh anggota OSIS. Secara khusus kegiatan  ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS SMA Negeri 1 Pabelan yang baru agar dapat menjalankan  organisasi yang sesuai dengan visi dan misi OSIS.

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS  diikuti oleh  sejumlah 47 peserta. Terdiri atas 34 peserta dari pengurus OSIS SMA Negeri 1 Pabelan masa bhakti 2023/2024, 3 peserta dari  pramuka, 3 peserta dari Rohis, 2 peserta dari Paskibra, dan 2 peserta dari Patroli Keamanan Sekolah. Bertindak sebagai panitia pelaksana kegiatan ini 8 peserta didik dari pengurus OSIS periode sebelumnya dan  17  pembina  OSIS. Kegiatan LDK OSIS dilaksanakan selama 3 (tiga) hari Selasa – Kamis, 25-27 Oktober 2023 bertempat di Aula/Laboratorium Biologi dan Lapangan Utama Sekolah. Upacara pembukaan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Najwa Seiya Bellarizky selaku Ketua Panitia  menyampaikan laporan penyelenggaraan LDK OSIS, dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan oleh Kepala SMA Negeri 1 Pabelan Ibu Dyah Ratnaningrum, S.Pd. Alhamdulillah pembukaan LDK OSIS berjalan lancar, khidmat dan sukses. Kegiatan ini juga  dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan  Bapak Subagyo,S.Pd.M.Si. dan segenap Pembina OSIS.

Materi kegiatan LDK OSIS meliputi:

1. Motivasi dan Kepemimpinan (Dyah Ratnaningrum, S.Pd.)

2. Sejarah OSIS dan Perkembangannya (Subagyo,S.Pd.M.Si.)

3. Ragam Kegiatan OSIS ( Najwa Seiya Bellarizky )

4. Keorganisasian ( Sriyanto, S.Pd. )

5. Tata Cara Pembuatan Proposal dan SPJ Kegiatan  ( Drs. Catur Hartono dan Endah Mulyati SE,M.Si. )

6. PBB dan Tata Upacara Sekolah ( Sertu Ari Budiarta )

Kegiatan LDK ini menjadi menarik  sekaligus membanggakan karena melibatkan dua nara sumber alumni dari SMA Negeri 1 Pabelan. Sriyanto,S.Pd. seorang praktisi Pendidikan sekaligus Pembina Pramuka dengan berbagai prestasi tingkat regional dan nasional, serta Sertu Ari Budiarto anggota Koramil Pabelan.

Semoga dengan kegiatan ini, pengurus  OSIS  tumbuh dan berkembang menjadi insan yang hebat serta mampu mewarnai dan mempengaruhi secara positif kepada warga sekolah lainnya, sehingga tercapai karakter siswa SMA Negeri 1 Pabelan  yang berakhlak mulia, cerdas,  terampil , berwawasan lingkungan, mampu berdaya saing global sesuai dengan visi sekolah.

Penulis : Drs. Catur Hartono. Guru SMA N 1 Pabelan.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.