Pelatihan Manajemen KS Angkatan 2 : Manajemen Konflik

Semarang, 03 November 2023 – Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd., berpartisipasi dalam pelatihan manajemen konflik yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Jawa Tengah. Pelatihan berlangsung secara daring melalui platform Zoom Meeting BPSDM Provinsi Jawa Tengah pada Jumat, 03 November 2023, mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

Pelatihan ini dihadiri oleh para kepala sekolah dari berbagai sekolah di Jawa Tengah dan dipandu oleh narasumber kompeten, Ibu Dian Fajarwati dan Ibu Feti Marhayuni dari BBGP Jateng. Materi kegiatan fokus pada manajemen konflik, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman kepala sekolah tentang peran mereka sebagai pemimpin dalam mengelola konflik di lingkungan pendidikan.

Kedua narasumber membahas beragam aspek terkait manajemen konflik, antara lain kemampuan Pengambilan Keputusan dan Inisiatif Mengembangkan Jejaring. Kepala sekolah harus mampu mengambil keputusan yang bijak dan memiliki inisiatif untuk mengembangkan jejaring dengan stakeholder terkait. Di samping itu mampu menerapkan Kepemimpinan dengan Perancang Program Perwujudan Profil Pelajar Pancasila. Kepala sekolah diharapkan mampu menerapkan kepemimpinan mereka dalam merancang program pendidikan yang mendukung pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar kepala sekolah dapat menguatkan dan mengembangkan karakter kepala sekolah sebagai pemimpin satuan pendidikan dalam rangka mewujudkan profil pelajar yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang manajemen konflik dan peran mereka dalam membentuk lingkungan pendidikan yang harmonis, diharapkan bahwa sekolah-sekolah di Jawa Tengah dapat memberikan pendidikan yang lebih baik bagi para siswanya.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, memiliki berbagai harapan yang besar terhadap pelatihan yang  diikutinya. Dalam wawancara singkat, beliau menyatakan beberapa harapannya. “Semoga pelatihan ini membantu meningkatkan kemampuan kepemimpin saya, dapat mengambil keputusan yang lebih baik dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai etika. Ditambah pelatihan ini  membantu merancang program sekolah yang mendukung profil pelajar Pancasila, meningkatnya keterampilan dalam membangun jejaring dan kerja sama yang kuat dengan berbagai pihak terkait dalam dunia pendidikan, serta membantu SMKN 10 Semarang dalam mewujudkan visi dan misi pendidikan sekolah secara lebih efektif dan sesuai dengan kebijakan nasional.”

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum., Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas SMKN 10 Semarang