Presensi RFID Karya Siswa SMK Nusaputera 1 Semarang

Jumat, 10 November 2023, pengurus OSIS mendapatkan kesempatan pertama untuk melakukan uji coba alat presensi digital   karya   siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Nusaputera 1. Uji coba yang direncanakan selama 1 bulan ini merupakan tahap  lanjutan sebelum  alat permanen digunakan untuk presensi siswa di SMK Nusaputera 1.

“Alat presensi ini  menggunakan chip kartu RFID-Arduino yang dapat difungsikan juga untuk kartu OSIS, kartu parkir, kartu perpustakaan, dan e-money di lingkungan sekolah. 1 kartu multi fungsi,” kata Steve Immanuel, si pembuat alat.  Produk yang awalnya masih dalam bentuk sederhana ini sudah mengalami penyempurnaan termasuk dalam kemasan. Merah menjadi pilihan warna untuk kemasan karena  identik dan memiliki filosofi yang bagus yaitu   menjadi yang terdepan.

Presensi digital  ini adalah luaran  dari pembelajaran Arduino dan Kewirausahaan. Arduino sendiri merupakan bentuk penerapan IoT (Internet of Things)  yang di jurusan TKJ SMK Nusaputera 1 menjadi konten suplemen sekaligus pembeda dengan jurusan TKJ di SMK lain. “Melihat peluang, mendorong siswa untuk produktif menjadi tantangan yang diberikan pada  mata pelajaran Kewirausahaan,“ jelas  Melinda Safitri, SKom selaku guru pembimbing. Lebih lanjut Melinda menyampaikan hadirnya presensi digital ini  akan menggeser mind set siswa bahwa  yang biasanya mereka sebagai pengguna sekarang juga bisa membuat dengan teknologi Arduino yang mereka pelajari. “Bisa dibayangkan betapa bangganya siswa yang membuat karena produknya digunakan oleh sekolah,” pungkas Melinda.

Karya  jurusan TKJ ini  rencananya akan digunakan sebagai presensi siswa di SMK Nusaputera 1 mulai  Januari 2024, mendukung program membangun budaya disiplin kerja di sekolah. Setelah stabil dalam penggunaan, presensi digital ini akan masuk dalam daftar produk unit business sekolah dan bisa di jual ke pasar.  

Harapannya, produk ini bisa diterima pasar  sehingga siswa SMK Nusaputera 1  lebih semangat untuk menciptakan karya-karya inovatif lainnya, tentunya yang berkaitan dengan jurusan yang ada di SMK Nusaputera 1 yaitu TKJ dan DKV.

Penulis  : Syaiful Annas, MPd

Editor : Nining Tri Palupi, SPd, MPd