Kepala SMKN 4 Semarang Sukses dalam Lokakarya Panen Karya Aksi Nyata Program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran Tahun 2023

Drs. Bambang Sujatmiko,M.Si selaku Kepala SMKN 4 Semarang dan juga Plt.SMKN 8 Semarang sukses dalam Lokakarya Panen Karya Aksi Nyata dengan pola 24 JP yang diselenggarakan di Hotel Sahid Yogyakarta mulai tanggal 13 sampai 15 Nopember 2023.

Dasar pelaksanaan kegiatan yaitu Permendikbudristek No 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, pada pasal 2 ayat 1 poin c disebutkan bahwa guru yang diberikan penugasan sebagai Kepala Sekolah harus memiliki Sertifikat Guru Penggerak. Adapun untuk dapat memiliki sertifikat guru penggerak berdasarkan Permendikbudristek nomor 52 tahun 2023 tentang Perubahan Permendikbudristek No 26 Tahun 2022 Tentang Pendidikan Guru Penggerak yaitu menjadi Kepala di satuan pendidikan yang sama dalam jangka waktu tiga tahun berturut-turut.

Kepala SMK Pusat Keunggulan dinilai perlu untuk meningkatkan dan menguatkan kompetensi kepemimpinan pembelajaran yang mencakup 3 modul yaitu kepemimpinan pembelajaran, pembelajaran sosial dan  emosional serta budaya positif.

Hasil yang diharapkan dari Lokakarya Panen Karya Aksi Nyata antara lain Kepala Sekolah mampu menyampaikan refleksi dan petikan pembelajaran atas proses mewujudkan prakarsa perubahan di sekolah terkait materi dan/atau konsep yang dipelajari dalam Program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran Kepala SMK Pusat Keunggulan; serta Kepala Sekolah mampu menetapkan rencana konkret untuk menindaklanjuti refleksi dan petikan pembelajaran atas proses mewujudkan prakarsa perubahan di Sekolah terkait materi dan/atau konsep yang dipelajari dalam program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran Kepala SMK Pusat Keunggulan.

Dengan menampilkan aksi nyata dalam prakarsa perubahan meningkatkan ketrampilan peserta didik dalam berkomunikasi dan menyampaikan gagasan pada kegiatan presentasi sebagai persiapan masuk ke dunia kerja. Dengan melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada siswa dengan  Berlatih berkomunikasi sehingga mampu melakukan komunikasi sebagai salahsatu softskill yang dibutuhkan lulusan SMK.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)

Editor : Nenden Oktafia, S. Kom