Uji Coba Aplikasi Pengumpulan Data Moda Daring di SMKN 2 Semarang

Pusat Asesmen Pendidikan melakukan Uji Coba Aplikasi Pengumpulan Data (APD) Moda Dalam Jaringan (Daring). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 6-9 November 2023 di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. SMK Negeri 2 Semarang merupakan salah satu sekolah yang mendapat kesempatan untuk melakukan uji coba tersebut.

Salah satu unsur penting dalam evaluasi pendidikan adalah instrumen penilaian yang digunakan. Kegiatan Uji Coba Makro Aplikasi Pengumpulan Data (APD) merupakan upaya pengembangan instrumen penilaian yang berkualitas. Kegiatan Uji Coba Makro APD kali ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas butir soal dalam rangka menunjang evaluasi pendidikan. Hasil yang didapatkan sekaligus menjadi salah satu indikator pencapaian kompetensi bagi peserta didik yang berpartisipasi dalam Uji Coba Makro APD.

Kegiatan ini bertujuan untuk pengambilan data akademik sekaligus menguji kesiapan APD dalam hal sistem dan fitur aplikasi secara daring. Dilaksanakan seperti tes yang sesungguhnya dan peserta tes diminta mengerjakan semua soal yang diberikan dengan serius sehingga didapatkan data yang akurat.

Jumlah peserta didik yang mengikuti tes sebanyak 40 peserta kelas XII, yang dibagi 20 peserta didik di hari pertama dan 20 peserta didik berbeda di hari kedua. Masing-masing peserta didik mengikuti 2 sesi tes. Untuk mendapatkan data yang akurat, Uji Coba Makro APD dilaksanakan seperti tes yang sesungguhnya dan peserta tes diminta mengerjakan semua soal yang diberikan dengan serius.

Personel yang terlibat dalam kegiatan Uji Coba Makro APD di satuan pendidikan adalah kepala sekolah, proktor, teknisi, pengawas tes, dan peserta tes (peserta didik). Pengawas tes adalah mahasiswa yang ditunjuk oleh Pusat Asesmen Pendidikan untuk mengawasi seluruh pelaksanaan tes di 1 (satu) satuan pendidikan.

Penulis : Darsini, S.Pd., M.Si., Guru SMKN 2 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.