Debat Kandidat dan Kampanye Calon Ketua OSIS SMA Negeri 8 Semarang Tahun 2023

Debat kandidat dan kampanye calon ketua OSIS merupakan rangkaian Pemilos (Pemilihan ketua OSIS), yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 9 November 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja MPK/OSIS yang diselenggrakan setiap tahun menjelang pergantian ketua OSIS. Tahun ini kegiatan tersebut berkolaborasi dengan pengurus MPK dan tim projek P5 Suara Demokrasi dengan tema “Ekspresikan Suaramu” dengan koordinator Sri Topo Eni, S.Pd., yang merupakan guru Pendidikan Pancasila di SMA N 8 Semarang.

Debat kandidat calon ketua OSIS ini merupakan salah satu tahapan dari seleksi calon ketua OSIS. Debat kali ini diawali dengan orasi penyampaian visi dan misi kandidat calon ketua OSIS dan parade partai politik pengusung kandidat. Kandidat calon ketua OSIS periode 2023- 2024 ini sebanyak tiga calon yaitu Kaila Fatma Husnaini dari kelas XI 2, Shiva Az Zahra dari kelas X6, dan Arantama Manna Dawai dari kelas XI 7. Sementara partai politik dalam pemilos tahun ini sebanyak empat partai yaitu dari partai API (Asosiasi Pemuda Inspiratif), partai Lentera, partai Gemas (Generasi Emas), dan partai TPK (Transparansi Program Kejayaan). Kandidat 1 dari kelas XI 2 diusung oleh Partai API dari kelas XI 2, kandidat 2 dari kelas X 6 diusung oleh partai Lentera dari kelas XI 1, kandidat dari kelas XI 7 diusung koalisi partai Gemas dari kelas XI 7 dan partai TPK dari kelas XI 3.

Sesi debat terdiri dari tiga sesi, yaitu sesi 1 para kandidat mendapatkan pertanyaan dari para panelis/juri yaitu Egi Hendri Irawan, S.Pd. dari Pembina OSIS, Cyndikia Gusti Berliana, S.Pd., M.Kom., Pembina Sekbid, dan Riris Purnamasari, M.Pd, dari perwakilan guru. Sesi dua pertanyaan dari pengurus MPK dan OSIS periode 2022/ 2023. Sesi tiga pertanyaan dari tim perwakilan tiap partai pengusung dan lima orang perwakilan audience dari kelas X dan kelas XII.

Pertanyaan yang ditujukan kepada para kandidat sangat berbobot dan kritis. Para kandidat pun dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan tepat dan lugas. Kita tunggu saja hari Rabu tanggal 15 November 2023 siapakah yang akan menjadi calon ketua OSIS SMA Negeri 8 Semarang periode 2023 – 2024.

Penulis: Tutik Naviatun, S.Pd. – Waka Humas Smandela