Pesilat SMAN 16 Semarang Raih Medali di Kejurnas Semarang Pencak Silat Open Championship 2023

Semarang Pencak Silat Open Championship atau yang biasa disingkat SPOC merupakan ajang kejuaraan nasional pencak silat. Kegiatan yang diselenggarakan Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Semarang tersebut bekerjasama dengan Universitas Semarang (USM). 

SPOC terselenggara selama tiga hari yakni Jumat – Minggu, 10-12 November 2023 di GOR Gelora USM. Acara ini diikuti sebanyak 2.472 pesilat dari berbagai daerah. Peserta terbagi menjadi beberapa jenjang yaitu usia dini (SD/MI), pra remaja (SMP/MTs), remaja (SMA/SMK/MA), dan dewasa (Perguruan Tinggi). Selain itu, ada tiga kategori yang dipertandingkan yaitu laga, seni tunggal, dan solo kreatif. Jumlah pesilat yang sangat membludak di tahun ini justru memberikan tambahan semangat juang bagi para atlet yang bertanding.

SMA N 16 Semarang sebagai salah satu SMA Negeri di Kota Semarang tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk bertanding di event ini. Karena menurut Anton Suwarno, S.Pd., selaku pembina ekstrakurikuler pencak silat, pertandingan SPOC ini merupakan pertandingan yang sangat bagus untuk memberi kesempatan para pesilat muda dari SMA N 16 Semarang untuk bertanding dan merasakan langsung pengalaman di atas gelanggang. Pengalaman yang dirasakan tentu sangat berbeda dengan latihan bertanding di Sekolah. Alhamdulillah dalam pertandingan ini SMA N 16 Semarang berhasil meraih beberapa medali. Diantaranya Danys Syakila meraih juara III kelas J Putri Remaja, Radhitya Swirasena meraih Juara II Kelas Bebas Putra Remaja, Miftakhur Rohman meraih Juara I Kelas G Putra Remaja dan Keysha Lovian Nayla Azahra meraih Juara II kategori Seni Tunggal Putri Remaja.

Harapannya prestasi yang telah diraih ini menjadi pemacu untuk meraih prestasi ya lebih tinggi lagi di masa yang akan datang serta dapat menjadikan motivasi bagi peserta didik yang lain.

Penulis : Anton Suwarno, S.Pd.  Guru SMA N 16 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.