SMKN 2 Semarang Ikut Ambil Bagian dalam ”GEMILANG AKSIKU” Ditjen PPKL 

SMKN 2 Semarang kembali turut serta dalam kegiatan peduli lingkungan. Kegiatan kali ini diselenggarakan oleh  Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Kegiatan yang bertajuk “Gemilang Aksiku, Menjadi Pahlawan Lingkungan Sejak Dini dari Lingkungan Terkecil” ini dilaksanakan pada Jumat, 10 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik SMP, SMA, dan SMK di Kota Semarang dan Komunitas Muda Peduli Lingkungan yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, serta bapak dan ibu guru. 

SMK Negeri 2 Semarang mengirimkan sepuluh peserta didik perwakilan dari ekstrakurikuler Adiwiyata Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan sejak dini di kalangan generasi muda dengan melibatkan merekasecara langsung  dalam upaya pelestarian lingkungan khususnya pengendalian pencemara air. Bertepatan dengan peringata Hari Pahlawan Nasional, kegiatan ini juga bertujuan untuk memunculkan pahlawan-pahlawan lingkungan muda yang peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan diawali diskusi tentang lingkungan hidup dengan menghadirkan toko-tokoh muda yang aktif dalam komunitas peduli lingkungan, kemudian dilanjutkan dengan aksi nyata membersihkan area di sekitar sungai Banjir Kanal Barat dan selokan di sekitar SMAN 14 Semarang. Peserta dibagi dalam tiga kelompok besar. Kelompok pertama membersihkan area di sebelah barat sungai, kelompok kedua membersihkan di sepanjang sungai, dan kelompok ketiga membersihkan di sekitar SMAN 14 Semarang. Setiap peserta dibekali dengan sarung tangan karet dan karung untuk menampung sampah. Peserta sangat antusias dalam kegiatan ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya-jawab diskusi dan semangat mereka saat mengumpulkan sampah. Mereka tidak peduli dengan bau tak sedap maupun baju yang kotor karena terkena sampah. 

Penulis : Wati, S.Pd., Guru SMKN 2 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.