Mengakselerasi Peluang Karir bagi Pelajar SMK Pelayaran Wira Samudera

Pada tanggal 21 Nopember 2023 SMKN 1 Semarang menjadi pusat perhatian, bukan hanya bagi siswa dan guru, tetapi juga para pelaku industri di daerah Semarang. Bursa Kerja Khusus (BKK) yang diselenggarakan di gedung pertemuan sekolah ini menjadi momentum berharga bagi pelajar SMK se-Semarang untuk menjelajahi peluang karir mereka. Dalam wawancara eksklusif dengan Drs. Slamet Sardjono, M.M., dan Sapto Prihantoro Pribadi, ( Perwakilan DEPNAKER) pembahasannya akan mencakup pentingnya BKK, dampaknya bagi siswa, serta peran SMK Pelayaran Wira Samudera dalam kegiatan ini.

Acara BKK di SMKN 1 Semarang akan diadakan di Gedung Pertemuan pada pukul 08.00 hingga selesai. Peserta yang diundang adalah semua siswa SMK se-Semarang, termasuk SMK Pelayaran Wira Samudera. Acara ini akan menjadi wadah bagi para siswa untuk berinteraksi langsung dengan perusahaan-perusahaan ternama di daerah.

Bp. Eka Aribawa, S.Pd. I  selaku kepala sekolah SMK Pelayaran Wira Samudera, menjelaskan peran sekolah dalam BKK. “Kami menyadari betul bahwa persiapan karir bagi siswa merupakan tanggung jawab sekolah juga. Oleh karena itu, kami menugaskan bapak/ibu guru kami dalam acara tersebut, untuk memastikan kehadiran kami dalam acara ini,” ungkapnya. Selain itu, sekolah ini juga membimbing siswa untuk mengoptimalkan partisipasi mereka dalam BKK, termasuk penyusunan CV dan simulasi wawancara.

Menurut Drs. Slamet Sardjono, M.M., sebagai narasumber utama dalam acara ini, BKK memiliki peran krusial dalam membantu siswa SMK memasuki dunia kerja. “BKK adalah jembatan antara dunia pendidikan dan industri. Ini memberikan kesempatan bagi para siswa untuk bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan, mendapatkan informasi tentang persyaratan pekerjaan, dan bahkan melamar pekerjaan atau magang,” ujarnya.

Sapto Prihantoro Pribadi, yang mewakili pihak DEPNAKER  menyoroti antusiasme perusahaan-perusahaan di Semarang untuk berpartisipasi dalam BKK. “Perusahaan-perusahaan di daerah ini sangat bersemangat untuk bertemu dengan calon-calon pekerja muda. Mereka melihat BKK sebagai cara efektif untuk menemukan bakat baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya.

Bursa Kerja Khusus di SMKN 1 Semarang bukan hanya sekadar acara rutin, melainkan langkah konkrit untuk mendukung siswa SMK dalam menghadapi dunia kerja. Dengan kolaborasi antara sekolah, pihak industri, dan para pelajar, acara ini diharapkan dapat menghasilkan peluang karir yang nyata. Dengan demikian, SMK Pelayaran Wira Samudera Semarang berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung perkembangan karir siswa-siswanya. Acara ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan bukan hanya tentang pembelajaran di kelas, tetapi juga persiapan untuk masa depan yang sukses.

Penulis : Hardiyono, S.Kom, Guru SMK Pelayaran Wira Samudera