SMAHA Siap Menjadi Sekolah Ramah Anak

SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didiknya. Salah satu upaya yang dilaksanakan yaitu menciptakan SRA (Sekolah Ramah Anak). Tentunya dalam menciptakan SRA, perlu adanya kolaborasi yang baik bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang dapat memberikan hak-hak anak dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, pada Sabtu (18/11/2023) SMAHA mengadakan Pelatihan Sekolah Ramah Anak. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Sekolah Ramah Anak yang sudah dilaksanakan pada 10 November lalu.

Koor. Program & Psikolog RDRM Disdik Kota Semarang, Dr. Putri Marlenny P., S.Psi., M.Psi., hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini. “Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena SMAHA sudah berinisiatif mengadakan pelatihan ini. Semua anak adalah anak kita, jadi kita sebagai pendidik dan tenaga kependidikan harus tahu seluk beluk SRA sehingga bisa menciptakan SMAHA SRA”, tutur beliau.

Dr. Putri memberikan penjelasan dengan apik. Tidak hanya secara materi, tapi juga memberikan contoh nyata. Beliau menjelaskan tentang konsep, komponen, prinsip, tahapan pembentukan, dan tahapan pengembangan SRA. Tidak hanya itu, beliau juga mengajarkan tentang komunikasi ETIS (Efektif, Empatik, dan Santun) dan SKAK (Strategi Komunikasi Anti Konflik) agar sebagai pendidik kita bisa menjalin komunikasi yang etis dengan orang tua/wali murid. “Kita adalah pelayan publik, untuk itu kita harus stay 24 jam, harus fast respon apabila ada kondisi siswa yang urgent. Namun lebih baik lagi jika guru bisa membuat kesepakatan waktu komunikasi via medsos dengan orang tua siswa”, tutur Dr. Putri.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya, karena Dr. Putri mengajarkan bahwa tidak semua anak jalur hidupnya indah, namun mereka bahagia karena menemukan keluarga di sekolah. Semoga saya dan rekan-rekan bisa mewujudkan SMAHA Sekolah Ramah Anak”, tutur salah satu peserta kegiatan, Annisa Erwindani, S.Pd

Kegiatan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari SMAHA ke Dr. Putri dan foto bersama.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.