Harapan dan Tantangan dalam Perayaan HGN 2023 SMK St.Fransiskus Semarang

SMK St.Fransiskus Semarang merayakan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 dengan menggelar upacara dan dilanjutkan kegiatan persembahan untuk guruku dari siswa – siswa. Hari Guru Nasional yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 25 November, dirayakan pada hari Senin, 27 November 2023 pukul 07.00 – 08.30 WIB, di halaman sekolah dengan  petugas upacara diampu oleh guru – guru.

Sr.M.Rosalia,OSF selaku pembina upacara peringatan HGN tahun 2023, menyampaikan tema peringatan HGN tahun ini “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar” dengan baik. Suster mengajak agar anak – anak menggunakan kesempatan belajar dengan baik dan bijaksana, terutama dalam membentuk attitude  yang baik. “Jika kalian mempunyai attitude yang baik, maka kesempatan mengembangkan diri, baik dalam pengetahuan maupun ketrampilan akan lebih mudah, dan kesempatan bekerja di dunia industri semakin terbuka” terang Suster.  Penjelasan lebih lanjut Suster menyampaikan: “sekarang anak tidak dituntut bisa menguasai seluruh pelajaran yang ada dalam kuruikulum, tetapi anak diharapkan menemukan potensi atau talenta yang dimiliki agar bisa dikembangkan dengan baik sebagai bekal di masa depan.”

Selain itu Suster juga menyampaikan tantangan yang dihadapi oleh guru – guru saat ini semakin komplek. “Menurut penelitian ada 3 hal pokok yang menjadi tantangan guru – guru  antara lain mendampingi pribadi anak yang sangat beragam, perubahan kurikulum, dan perkembangan teknologi yang semakin pesat.” jelasnya.

Setelah upacara perayaan HGN dilanjutkan dengan persembahan siswa untuk guruku, dengan menyanyikan lagu, baca puisi, dan penghargaan bagi guru dan karyawan yang menginspirasi. Pemilihan kategori guru yang diiniasi dan dilaksanakan oleh Pengurus OSIS dengan pemilihan secara langsung oleh seluruh siswa diperoleh hasil: predikat guru dan karyawan kategori terkreatif dan inovatif Diah Ayu Febriawati, S.Pd, terdisiplin dan tegas Stefani Deby Puspitasari,S.Kom, terkomunikatif dan adil Margaritha Fitiana, S.Kom.M.Pd, tergaul dan ramah Bonaventura Edho W, S.Pd, dan terrapi dan modis Immanuel Andika P, S.Dv.

Saat memberikan piagam penghargaan kepada guru – guru terpilih, Kepala SMK St.Fransiskus Semarang Yohanes Sudarna, S.Pd,MM, menyampaiakn ucapan selamat kepada seluruh guru dan karyawan atas kesetiaan dan ketulusannnya terus berjuang mendampingi dan menciptakan pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak – anak. “Terimakasih anak – anak telah memilih guru – guru yang  menjadi inspirasi bagi kalian, sudah tepat kalo anak – anak memilih bapak/ibu guru muda, karena sekarang memang eranya guru muda menjadi motor penggerak dalam melaksanakan kurikulum, mari bergerak bersama merayakan  kurikulum Merdeka.” ajakan pak Yohanes.

Natalia M, S.Pd. – Humas SMK St. Fransiskus Semarang