Kunjungi Planetarium UIN Walisongo Semarang, Siswa SMAN 14 Belajar Tentang Perbintangan

Semarang (27/11/2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 14 Semarang saat ini telah memasuki tema ke dua di kelas X dan XI. Projek kali ini mengusung tema Rekayasa dan Teknologi dengan mengambil topik rekayasa untuk konservasi energi. Di Akhir kegiatan ini peserta didik diharapkan mampu kreatif, bernalar kritis, dan gotong royong dalam menuangkan ide untuk merancang teknologi alternatif sebagai solusi dalam pemanfaatan teknologi yang konservatif secara efisien di lingkungan sekolah. Setelah siswa berproses pada tahap mengenali, mengidentifikasi dan menggali masalah riil terkait teknologi tepat guna di lingkungan sekolah, sudah saatnya siswa menuju tahapan berikutnya yaitu menggali informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber. 

Pada tahap ini, siswa difasilitasi oleh tim proyek P5 SMA Negeri 14 Semarang untuk menggali informasi di luar sekolah. Ada 6 siswa dalam setiap kelompok dan ada 6 tempat yang dikunjungi. Setiap kelompok mengirimkan perwakilan siswa ke setiap tempat kunjungan. Tujuannya, setelah siswa kembali ke sekolah dapat saling bertukar pengalaman dalam satu kelompok. Sehingga dalam setiap kelompok akan kaya informasi dari semua destinasi yang dikunjungi. 

Tempat-tempat yang dikunjungi dalam kegiatan outclass ini adalah: 1). Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (BPTIK); 2). Perumda Air Minum Tirta Moedal Semarang (PDAM); 3). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang; 4). Rumah Inovatif di UNNES; 5). Planetarium UIN Semarang; dan 6). TVKU di UDINUS.

Masing-masing tempat memiliki keistimewaan tersendiri yang dapat diekspor oleh siswa. Outclass di UIN untuk kelas X dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023 dan untuk kelas XI pada tanggal 17 September 2023. Sejumlah 52 siswa pada setiap sesinya mengunjungi planetarium UIN. Di UIN ini, pertama kali siswa diberikan informasi tentang perbintangan dimana lokasi ini merupakan planetarium terbesar se-Asia tenggara yang dikelola oleh Perguruan Tinggi. Berikutnya siswa diajak berkegiatan observatorium untuk mencoba teleskop dengan ukuran besar. Siswa melakukan pengamatan secara langsung pada objek tata surya yaitu matahari. Siswa juga diberikan informasi yang cukup dari pemandu tentang objek matahari. Satu-persatu siswa mengekspor teknologi teleskop yang digunakan untuk pengamatan matahari. 

Berikutnya siswa diajak untuk memasuki planetarium. Di sini siswa disuguhkan pada layar di ruang pertunjukan planetarium yang berbentuk kubah setengah lingkaran. Di tengah ruangan terdapat proyektor berbentuk bola berfungsi untuk memproyeksikan gambar ke layar kubah sehingga membentuk tampilan gambar seperti 3 dimensi. Planetarium ini menjadi tempat untuk riset dan pendidikan mengenai astronomi atau benda langit. Disini siswa belajar tentang benda-benda langit dan mengenal teknologi yang digunakan seperti teleskop, roket dan sebagainya. 

Setelah kembali ke kelas nantinya, siswa dapat sharing kepada teman-teman satu kelompoknya tentang ilmu yang didapat di planetarium UIN ini dan ending-nya siswa merancang rekayasa teknologi sendiri nantinya.

Penulis : Noer Huda Ekowati. Guru Matematika dan Koordinator Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Negeri 14 Semarang

;”>Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.