SMKN 4 Semarang adakan Sosialisasi Edukasi Gejala Dini Kanker pada anak dalam rangka HUT YKAKI ke 17 Tahun bekerjasama dengan RSUP Dr.Kariadi

Menindaklanjuti Surat dari YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) Semarang tertanggal 6 Nopember 2023 tentang permohonan Peserta Sosialisasi Gejala Dini Kanker Pada Anak dalam rangka HUT YKAKI ke 17 Tahun. YKAKI adalah yayasan social yang membantu pasien anak dengan kanker dalam bentuk program kita dan sekolahku. Sekolah-Ku YKAKI memfasilitasi peserta didkk penderita kanker dan penyakit kronis untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dan bermain selama masa pengobatan, agar tidak putrus sekolah.

Dengan tema Langkah Kasih 17 Tahun YKAKI setia melayani dengan Hati mengadakan acara tersebut pada hari selasa tanggal 21 November 2023 pukul 09.00 sd 11.00 berlokasi di SMKN 4 Semarang Jawa Tengah dengan Tema Gejala Dini Kanker pada Anak.

Dengan diikuti oleh siswa SMKN 4 Semarang dengan narasumber dr.Yetty Movieta Nency,Sp.A Dokter Hermatologi Onkologi dari RSUP Dr.Kariadi dan moderator Lucia Endang Hartati YK,Sp.SKp.MN Ketua IPANI Jawa Tengah. Serta Sambutan dari KEpala SMKN 4 Semarang Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si, Satria Kharimul Qolbi M.Pd Kepala Sekolah-Ku YKAKI serta Vita Mahaswari selaku Kepala Caban YKAKI Semarang.

Dalam paparannya dr Yetty menjelaskan tentang Deteksi Dini (Gejala dan Tanda) Kanker Anak, jenis kanker yang tersering pada anak antara lain Lekemia/kanker darah, Retinoblastoma, Tumor Wilm, Limfoma Maligna, Neuroblastoma, dengan gejala Lekemia antaralain pucat, tanda penadrahan, demam tanpa sebab, pembesaran kelenjar, perut membesar. Serta Retinoblastoma dengan ciri sindrom mata kucing, pandangan kabur, peradangan jaringan mata, Bola mata tampak menonjol serta tumor wilm dengan gejala lebih banyak menyerang anak laki-laki, kencing berdarah, rasa tidak enak diperut, perut tampak membesar dan terasa keras. Kanker Anak bisa sembuh dengan prognosis menjadi lebih baik jika ditemukan dalam stadium dini, terapi tepat dan diagnosis tepat. Jenis Terapi yang dilakukan berupa kemoterapi, Operasi, Radiasi, Transplantasi, Supportive, Beliau melanjutkan bahwa Public Awareness penting dengan menghindari orangtua secara dini mengenali gejala bahaya, Orangtua tidak terlambat membawa ke YanKEs serta Tenaga Media tidak terlambat dalam mendiagnosis dan merujuk.

Diakhir paparannya beliau mennekankan untuk Gaya Hidup sehat, ASI ekslusif akan menurunkan 31% kanker anak, Hindari radiasi, Polutan, Mencuci buah dan sayur untuk mencegah pestisida yang masuk, Orang dewasa tidak merokok dirumah, menghindari makanan dengan tambahan bahan yang tidak jelas, menghindari kemasanan makanan dari plastic.

Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom