Pemilos sebagai Pesta Demokrasi SMK Negeri 2 Semarang

Jumat, 17 November 2023, SMKN 2 Semarang mengadakan kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS. Kegiatan ini dirancang dalam program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Suara Demokrasi.

Pemilos tahun ini dilaksanakan dalam rangka memberikan gambaran kepada peserta didik mengenai pelaksanaan pemilu tahun 2024. Pemilihan menerapkan prinsip-prinsip pemilu yaitu Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (LUBER). Panitia menyediakan 3 (tiga) Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masing-masing dikelola oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Setiap KPPS menyiapkan segala properti yang digunakan untuk proses pemungutan suara. TPS didesain sesuai dengan alur pemungutan suara sama seperti pada saat pelaksanaan pemilu. TPS juga didekorasi sesuai dengan kreativitas masing-masing KPPS. Panitia memberikan apresiasi penghargaan kepada TPS yang terbaik.

Pemilos tahun ini dilaksanakan secara luring dan daring. Peserta didik yang berada di sekolah melaksanakan pemungutan suara secara langsung di TPS yang sudah ditentukan. Sedangkan peserta didik yang sedang melaksanakan Praktik kerja Lapangan (PKL) menyampaikan aspirasinya secara daring. Hasil penghitungan suara dimasing-masing TPS disetorkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Selanjutnya hasil dihitung di PPS untuk diumumkan pemenangnya.

Kegiatan pemilos juga diisi dengan berbagai atraksi dan penampilan seni dan hiburan sebagai ajang penyaluran bakat, minat dan kreasi peserta didik. Disamping itu juga tersedia bazar yang menjual berbagai makanan dan minuman sebagai praktik kewirausahaan.

Berdasarkan hasil penghitungan suara baik secara daring dan luring telah terpilih pemenangnya sebagai ketua dan wakil ketua OSIS ananda Naysilla Putri Suryandaru dan Zhunivel Rorizanda. Seluruh warga SMK Negeri 2 Semarang berharap pasangan yang telah terpilih dapat melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan programnya sehingga dapat mendukung terciptanya suasana sekolah yang kondusif dan menyenangkan.

Penulis : Darsini, S.Pd., M.Si. Guru SMKN 2 Semarang.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.