SMKN 1 Pringapus Kembali Berikan Dampak Positif bagi Masyarakat : Wakil Bupati Berikan Apresiasi Baik

SMK N 1 PRINGAPUS  kembali memberikan dampak yang luar biasa untuk masyarakat sekitar. Setelah beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan Ujian Sekolah berbasis projek dengan memanfaatkan masyarakat sekitar sekolah sebagai sasaran utama. Kini, SMK N 1 PRINGAPUS mengadakan kegiatan SNIPER CAREER. Menggandeng puluhan perusahaan ternama dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta SMK N 1 PRINGAPUS memberikan kesempatan kepada para pencari kerja dan pemburu informasi mengenai dunia perkuliahan. Tak hanya itu, acara SNIPER CAREER juga memfasilitasi siswa untuk berwirausaha. Ada puluhan stand siswa dan UMKM sekitar yang ikut berpartisispasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga disandingkan dengan kegiatan SNIPER AKSARA yang merupakan Seni pertunjukan, Aksi dan Kreasi Pembelajaran Siswa yang digelar setiap akhir tahun pembelajaran. 

  Puncak acara SNIPER CAREER dilaksanakan pada  Rabu 8, November 2023. Puncak acara tersebut diresmikan secara langsung oleh Bapak Wakil Bupati Semarang H. Basari, S.T., M.Si dan dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jawa Tengah, Kasi SMK Cabang Dinas Wilayah 1 Provinsi Jawa Tengah, pengawas Pembina, Kepala Disnaker kabupaten Semarang, Camat Pringapus beserta Jajarannya, turut hadir Kepala Sekolah SMK dan SMP terdekat dan Komite Sekolah. Dalam sambutannya, Kepala SMK N 1 PRINGAPUS Bapak Imam Syafi’I,S.TP., menyampaikan kegiatan SNIPER CAREER merupakan salah satu perwujudan dari serangkaian kegiatan SMK Pusat Keunggulan. Bapak Imam juga menjelaskan singkat tujuan dari SNIPER CAREER yaitu mewadahi tiga cita-cita lulusan SMK yaitu Melanjutkan melalui Edu Expo, Bekerja melalui Job Fair, dan berwirausaha melalui stand wirausaha. 

 Wakil Bupati Semarang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap terselenggaranya kegiatan SNIPER CAREER. Beliau juga berharap kegiatan semacam ini bisa menjadi sebuah agenda tahunan yang bisa dilaksanakan secara rutin mengingat manfaat yang luar biasa baik untuk siswa SMK N 1 PRINGAPUS , bagi masyarakat, bagi perusahaan , perguruan tinggi dan bagi UMKM. Prosesi pemukulan gong dan pengguntingan pita menjadi pertanda bahwa kegiatan SNIPER CAREER resmi dibuka. Disaksikan oleh para peserta SNIPER CAREER yang sudah siap untuk berkunjung ke setiap stand job fair dan edu expo yang berada di Lab Busana Fashion Show SMK N 1 PRINGAPUS. setelah meninjau lokasi job fair dan edu expo sambil sesekali berbincang dengan salah satu perusahaan rekanan yang membuka lowongan pekerjaan pada kegiatan SNIPEER CARER. Bapak Wakil Bupati juga mengunjungi stand jurusan yang telah berjajar dengan keunikan hasil pembelajaran masing-masing jurusan yang begitu mengundang perhatian. Stand jurusan tekhnik otomotif   misalnya memamerkan motor listrik hasil rakitan siswa, stand jurusan busana dengan berbagai karya busananya serta praktik pembuatan kain suminagasi, dan jurusan desain komunikasi visual  dengan karya sablon dan MUG yang dibuat khusus untuk acara pada hari itu. yang menjadikannya begitu spesial adalah karena semua merupakan hasil karya pembelajaran siswa SMK N ! PRINGAPUS yang berdaya jual tinggi. 

Karya pembelajaran siswa yang tak kalah menarik perhatian yaitu stand wirausaha siswa. Setelah sebelumnya mendapatkan apresiasi baik pada kegiatan festival jajanan pasar, lalu kegiatan meet n market kali ini pada SNIPER CAREER puluhan stand wirausaha siswa  dengan produknya masing-masing menjadi salah satu bukti nyata bahwa siswa SMK N 1 PRINGAPUS memiliki jiwa wirausaha yang tinggi dan terwadahi dengan baik diberbagai kegiatan. Sekolah selalu memberikan kesempatan dan dukungan penuh bagi siswa dari unsur apapun baik kelas, organisasi, TIM IPAS,maupun ektrakulikuler yang ingin berpartisipasi menjual produknya. Peninjauan lokasi kegiatan diakhiri dengan penandatangan Deklarasi Sekolah Damai  oleh seluruh siswa SMK N 1 PRINGAPUS serta Bapak Wakil Bupati Semarang. 

SNIPER CAREER dan AKSARA yang berlangsung dua hari berturut-turut ini juga menyuguhkan pentas kreasi siswa. berbagai macam perlombaan diadakan untuk memeriahkan kegiatan ini meliputi lomba karoke, lomba tari, lomba paduan suara, lomba vlog, dan lomba fashion show bertemakan Jepang, nusantara, dan western. Peserta lomba yang terdiri dari siswa mewakili masing-masing kelas mengikuti perlombaan dengan sangat antusias. Pengumuman para pemenang dan pembagian hadiah dilaksaakan pada hari Kamis 9 November 2023 sekaligus sebagai penutup dari rangkaian kegiatan SNIPER CAREER DAN AKSARA. Bapak Zulfa Efendi,S.Pd selaku Waka Humas dan Ketua Pelaksana kegiatan ini menyampaikan bahwa yang membuat kegiatan ini berbeda dengan job fair lainnya dan selalu ramai mengundang para pencari kerja baik di hari pertama maupun hari kedua yaitu karena pada SNIPER CAREER para pencari kerja dapat langsung melakukan tes psikologi dan wawancara  dengan perusahan yang dilamar. Sehingga pada hari pertama pelaksanaan job fair maupun hari kedua antusias pencari kerja selalu tinggi dibuktikan dengan prosentasi kehadiran yang mencapai 95% dari yang ditargetkan. Sehingga banyak pihak yang berharap kegiatan luar biasa seperti ini dapat dilaksanakan kembali oleh SMK N 1 PRINGAPUS pada masa yang akan datang.

Penulis : Ajeng Virga Sawitri Maro, S.Pd.,M.Pd.  Divisi Sosial Media SMK N 1 PRINGAPUS.

Edotor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.