SMKN 6 Semarang Raih Juara 1 Kategori Video P5 Sekolah Tingkat Provinsi JawaTengah Dalam Gelar Karya Guru & Siswa Tahun 2023

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi SMK Negeri 6 Semarang, di mana tahun ini SMK Negeri 6 Semarang mendapatkan anugerah penghargaan sebagai juara pertama pada bidang lomba Video P5 Sekolah pada Gelar Karya Guru dan Siswa Jawa Tengah Tahun 2023 dengan tema ‘Merdeka Berbudaya, Tetap Berkarya.’ Sesuai dengan ketentuan lomba, pada bidang lomba ini SMK Negeri 6 Semarang diwakili oleh satu orang guru, Emik Widayanti, S.Pd., dengan beranggotakan 3 orang siswa, Helsa Valent Rosmalia, Jessiva Leinita dan Kalam Kautsar Ibnu Widodo. Sebuah penantian yang tidak sia-sia, pada malam Resepsi Peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2023 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 November 2023, di halaman SMK Negeri 1 Semarang, tiba saatnya SMK Negeri 6 Semarang diumumkan sebagai peraih juara pertama pada bidang lomba P5 Sekolah. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Ibu Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd. Video P5 yang diikutsertakan dalam bidang lomba ini yaitu Video P5 mengambil tema Kearifan Lokal dengan sub tema ‘Mantu Adat Jawa.’ Dimensi yang ingin dikembangkan dari P5 ini antara lain, beriman dan bertaqwa Kepada Tuhan YME dan berakhlaq mulia, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan juga mandiri.

Video P5 dengan Tema Mantu adat Jawa memuat serangkaian kegiatan P5 Sekolah yang dikemas dalam bentuk role play. Peserta didik dikenalkan dan bermain peran (role play) dari serangkaian prosesi mantu adat Jawa mulai dari lamaran, siraman dan dodol dhawet, midodareni, akad nikah dan serangkaian upacara panggih. Selain itu para peserta didik juga dikenalkan dengan undang-undang perkawinan, sebagai salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah Provinsi Jawa Tengah ‘Aja kawin bocah.’ Untuk mengasah kreativitas siswa juga diselenggarakan beberapa macam lomba, antara lain lomba pranatacara (MC berbahasa Jawa), lomba pembuatan srah-srahan dan lomba pembuatan kembar mayang. Sebagai puncak acara P5, diselenggarakan Gelar Karya P5 yang merupakan hasil kolaborasi peserta didik lintas program keahlian. Yaitu Program Keahlian Perhotelan, Kuliner, Kecantikan & Spa, serta Program Keahlian Busana. Menampilkan serangkaian upacara panggih yang diawali dengan penyerahan sanggan, balangan gantal, ngidak wiji dadi dan ranupada, sinduran, bobot timbang, tanem jero, kacar-kucur/asok kaya, dhahar kembul, mertui/mapag besan dan sungkeman dengan MC berbahasa Jawa. Role play prosesi upacara panggih seluruh pemerannya adalah peserta didik SMK Negeri 6 Semarang kelas XI.

Penulis : Emik Widayanti, Guru SMKN 6 Semarang

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang