Capaian SPM SMK Kota Semarang

Semarang, 28 November 2023 – Workshop Kunci Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka SMK Tahun 2023 yang digelar oleh Cabdin I menampilkan narasumber pertama, Ibu Dr. Alif Noor Hidayati, M.Pd. Sebagai Widyaprada Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah.

Dalam paparannya di hadapan Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum SMK Se-Kota Semarang, Ibu Alif Noor Hidayati menjelaskan bahwa arah kebijakan dalam bidang pendidikan adalah meningkatkan angka partisipasi siswa dan kualitas pendidikan yang merata di semua jenjang. Indikatornya mencakup tingginya angka partisipasi kasar, hasil pembelajaran berkualitas, dan distribusi kualitas pendidikan yang merata serta inklusif.

Ibu Alif Noor Hidayati juga menyampaikan capaian Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan Cabdin I, seperti Angka Partisipasi Sekolah (APS) Kota Semarang Jenjang Dasar-Menengah sebesar 99,24% pada tahun 2022, Kompetensi Literasi untuk SMK dengan skor 62,48 pada kategori sedang, Kompetensi Literasi untuk SMK sebesar 51,79 pada kategori sedang, Indeks Karakter sebesar 55,25 pada kategori baik, dan Penyerapan Lulusan SMK sebesar 92,57 pada kategori baik.

Dalam konteks transformasi satuan pendidikan, Ibu Alif Noor Hidayati menyampaikan pentingnya lima indikator utama. Pertama, perencanaan dan penganggaran berbasis data diharapkan menjadi landasan bagi satuan pendidikan dalam menetapkan target dan sasaran yang jelas. Kedua, penciptaan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, dan inklusif dianggap sebagai prasyarat penting bagi pembelajaran yang efektif dan efisien.

Selanjutnya, budaya refleksi berbasis data menjadi ciri khas satuan pendidikan yang bertransformasi, memungkinkan evaluasi dan perbaikan yang berkala. Tak kalah penting, transformasi pendidikan memerlukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat melaksanakan tugasnya secara profesional dan efektif. Terakhir, peningkatan hasil belajar peserta didik menjadi indikator utama keberhasilan transformasi, menjamin bahwa mereka memiliki kompetensi yang relevan di era global.

Workshop ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam mewujudkan transformasi pendidikan yang holistik dan berkelanjutan SMK di Kota Semarang.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang