Perkuat Penggunaan PMM, Cabdin I Adakan Workshop Kunci Keberhasilan IKM

Hari ini, Selasa, 28 Nopember 2023, Kepala SMKN 10 Semarang, didampingi Waka Kurikulum Bapak Suhermawan, S.Pd, turut serta dalam Workshop Kunci Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka SMK Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di SMK IPT Karangpanas, Jl. Dr. Wahidin, Kaliwiru, Kec. Candisari, Kota Semarang. Dalam upacara pembukaan, Kepala SMK IPT Karangpanas, Paulus Wijayanto, S. Pd, M. Pd, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran mereka di sekolah.

Workshop ini dihadiri oleh 125 peserta, terdiri dari Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum. Kasi SMK Cabdin I, Bapak Andang Fitriadi, SE, M.Si, selaku ketua panitia, melaporkan bahwa workshop ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Ibu Dr. Alif Noor Hidayati, M.Pd dari BBPMP Jawa Tengah, dan Subagiyo Santosa, S.Pd, S.Pdi, M.Pd dari Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia (APSI) Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Dr. Siswanto, M.Pd, menekankan filosofi tema Hari Guru “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar.” Beliau menyampaikan bahwa semua program pendidikan akan berhasil jika seluruh elemen di sekolah turut berkontribusi. Dr. Siswanto juga mengajak untuk berbagi praktik baik antar-sekolah guna mewujudkan kemajuan pendidikan.

Tak hanya itu, Kacabdin I juga memberikan perhatian khusus terkait rendahnya penggunaan Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) di Cabdin I. Beliau menegaskan perlunya dorongan dari semua pihak, terutama kepala sekolah dan pengawas, agar penggunaan Aplikasi PMM dapat meningkat. Upaya ini diharapkan dapat mendukung kelancaran implementasi Kurikulum Merdeka SMK di wilayah tersebut.

Penulis : Suhermawan, S.Pd, Waka Kurikulum SMKN 10 Semarang