Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pelaksanaan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) Dalam Kurikulum Merdeka

Semarang, 28 Nopember 2023 – Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I menggelar Workshop Kunci Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka SMK, bertempat di SMK IPT Karangpanas pada Selasa, 28 Nopember 2023.

Dengan tema utama “Konsep Kurikulum Merdeka: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pelaksanaan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL),” Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, S.Pd. beserta Waka Kurikulum SMKN 10 Semarang, Suhermawan, S.Pd turut serta menghadiri workshop ini.

Narasumber utama, Bapak Subagiyo Santosa, S.Pd, S.Pdi M.Pd, membahas konsep Kurikulum Merdeka, fokus pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL).

Dalam paparannya, Subagiyo Santosa membagikan pandangan pendiri Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Indonesia, Muhammad Nur Rizal, Ph.D, mengenai kebermaknaan Sekolah Menyenangkan 0.4. Workshop ini menyoroti tahapan pengembangan diri Sekolah Menyenangkan 0.4 yang meliputi karakter, penalaran, system thinking, kolaborasi, dan hasil inovasi.

Lebih lanjut, workshop menyajikan pemahaman mendalam mengenai Profil Pelajar Pancasila, termasuk esensi dan kompetensinya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mengacu pada capaian profil pelajar pancasila sesuai dengan fase dan tidak harus dikaitkan dengan CP pada mata pelajaran.

Subagiyo Santosa menekankan tahapan perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, mulai dari membentuk tim fasilitator P5 hingga merancang strategi pelaporan hasil projek.

Pentingnya Panduan Praktik Kerja Lapangan (PKL) turut menjadi sorotan dalam workshop ini. PKL dianggap sebagai strategi untuk memperkuat softskills dan hardskills peserta didik. Peserta diajak untuk memahami tujuan, manfaat, serta implementasi mata pelajaran PKL, sambil memperhatikan evaluasi program mapel PKL.

Workshop ini menjadi wahana bagi para pendidik SMK untuk lebih memahami dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, menjadikan pembelajaran tidak hanya efektif namun juga menyenangkan sesuai dengan arahan regulasi.

Penulis : Husna Amalana, M.Pd, Guru SMKN 10 Semarang