SMIT Bina Amal Gelar Puncak Spectaba & Expo P5 Dengan Meriah

Spectaba, singkatan dari Spectacular Bina Amal, merupakan event tahunan dari SMA IT Bina Amal berupa lomba-lomba antar sekolah se-Jateng. Di sisi lain, Expo P5 adalah gelar karya P5 peserta didik kelas VII, VIII, X, dan XI yang menerapkan kurikulum merdeka, sedangkan kelas IX dan XII membuka stand kewirausahaan. Tahun ini adalah tahun pertama menggabungkan kedua kegiatan besar yaitu Spectaba dan Expo P5. Dibuka dengan Grand Opening Spectaba pada tanggal 14 November 2023, dihadiri oleh Waka Kesiswaan dan Kepala PPTQ Bina Amal. Pembukaan dilakukan dengan menerbangkan balon oleh Waka Kesiswaan yaitu Ivan Abdurahman diikuti peserta Lomba Spectaba, panitia penyelenggara dan beberapa guru pendamping.

Spectaba dilaksanakan selama tiga hari. Lomba di hari pertama adalah Lomba Tingkat SD berupa Menggambar, Mewarnai, Hafalan Surat Pendek, dan LCC. Hari kedua dan ketiga adalah Lomba Tingkat SMP berupa PBB, Futsal, LCC, Story Telling, Tartil, dan Pidato. Lomba Spectaba tahun ini diikuti lebih dari 300 peserta dari berbagai SD dan SMP di Jawa Tengah. Puncak Spectaba yaitu pengumuman juara lomba diumumkan pada hari Sabtu tanggal 18 November 2023, bersamaan dengan Expo Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pembukaan Expo P5 dihadiri oleh Ibu Siti Choirum, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMPIT, Drs. H. Agus Riyanto, selaku Dewan Pembina Yayasan, turut hadir dari Dinas yaitu Pengawas SMP, Yakobus Sapto Budi Utama, S.Pd., M.Pd., dan Pengawas SMA Dra. Galuh Wijayanti, M.Pd., serta Angky Mayang Saswati, S.Psi., M.Si selaku Kasubbag TU Cabdin I. Opening Expo menjadi sangat meriah dengan dilaksanakannya flashmob Pelajar Pancasila yang diikuti seluruh peserta didik yang hadir.

Dalam Expo P5 banyak produk inovatif yang dihasilkan oleh peserta didik SMPIT dan SMAIT Bina Amal Semarang, dengan mengangkat tema “Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI” menghadirkan 8 stand serta lebih dari 8 produk dipamerkan. Mulai dari produk minuman, seperti teh bunga telang, sampai produk teknologi berdaya guna seperti biofotoreaktor lampu tidur penyehat jiwa dan raga, sensor tempat sampah otomatis dan masih banyak lagi. Diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan ketrampilan peserta didik khususnya dalam melaksanakan kurikulum merdeka. Gelar Expo P5 menjadi lebih meriah dengan adanya partisipasi dari peserta didik dengan penampilan-penampilan yang mereka suguhkan kepada pengunjung. Tak ketinggalan para peserta didik juga tampak antusias berbelanja dan berkeliling melihat jajanan kuliner.

 

Penulis : Khoiriyah, S.Pd., Guru SMIT Bina Amal

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang