SMAHA Gelar  Workshop Asesmen Kurikulum Merdeka

Baru-baru ini SMA Islam Hidayatullah Semarang (SMAHA) mengadakan kegiatan workshop asesmen untuk para guru (2/12/2023). Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkuat pemahaman para guru dalam menyusun asesmen yang berpihak pada murid. Kegiatan yang mendatangkan narasumber dari Widyaprada BBPMP Jawa Tengah, Ibu Ardiani Mustikasari, S.Si., M.Pd. ini diharapkan dapat memotivasi para guru dalam menyusun asesmen yang berpihak pada murid..

“Saya berharap workshop ini dapat memberikan motivasi dan pemahaman mendalam terkait dengan asesmen pada Kurikulum Merdeka. Selain itu, saya juga berharap nantinya para guru di SMAHA mampu menyusun asesmen baik asesmen formatif, maupun sumatif dengan baik,”  harap Bu Etik Ningsih, S.Pd. saat memberi sambutan dan membuka acara workshop.

Kegiatan workshop yang dikemas dengan alur MERDEKA ini dimulai dengan kegiatan refleksi yakni dengan menuliskan hal-hal yang sudah baik dilakukan dan hal-hal yang masih perlu dikembangkan kembali. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan ice breaking dan “Mulai dari Diri’ dengan menuliskan puisi. Kegiatan “Mulai dari Diri” ini bertujuan untuk memetakan kemampuan awal murid terhadap materi yang akan diajarkan.

“Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan.  Perencanaan asesmen formatif, terutama pada asesmen awal pembelajaran sangat perlu dilakukan untuk memetakan kesiapan belajar dan mengidentifikasi kebutuhan belajar murid.,” ungkap Ibu Ardiani yang biasa disapa Bu Ari saat menjawab pertanyaan peserta.

Penyampaian materi terkait dengan prinsip, bentuk, dan jenis asesmen Kurmer yang dikemas santai ini melibatkan keaktifan para peserta. Selama sesi kegiatan peserta diajak untuk berdiskusi dan tanya jawab sehingga pelaksanaannya pun berjalan dengan interaktif.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena saya menjadi lebih paham lagi terkait prinsip, jenis, dan bentuk asesmen dalam Kurmer. Selain itu, saya jadi lebih paham bahwa asesmen formatif di awal pembelajaran  itu sangat penting,” ungkap Pak Dika, guru Kimia SMAHA.

“Semoga kegiatan workshop ini semakin meningkatkan profesionalisme guru di SMAHA sehingga SMAHA semakin jaya dan mendunia,” ujar Ibu Suwarni, selaku koordinator pelaksana sekaligus moderator saat menutup acara workshop.

Penulis : Suwarni, M.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.