SMAHA Gandeng Wakapolresta Pati Adakan Penyuluhan Anti Narkoba

Indonesia memiliki cita-cita besar untuk menjadi negara maju pada tahun 2045, yang dikenal sebagai Indonesia Emas. Untuk mencapai hal tersebut, peran Generasi Z atau generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012 sangatlah penting. Mereka memiliki potensi besar dalam membawa perubahan positif dalam berbagai bidang di Indonesia. Mirisnya, di era saat ini Gen Z banyak yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif lainnya. Di era sekarang, maraknya pengedaran narkotika di kalangan Gen Z sangat meresahkan. Gen Z yang diharapkan dapat menjadi penerus bangsa ini justru semakin banyak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Orang tua, sekolah, maupun masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah penyalahgunaan narkoba. 

Senin, 11 Desember 2023, SMAHA menggandeng orang tua siswa untuk mengadakan kegiatan Penyuluhan Bahaya Narkoba Bagi Generasi Z bagi seluruh warga SMAHA. Wakapolresta Pati, AKBP Dandy Ario Yustiawan, S.I.K., orang tua dari Shelina dan Shakila (siswi kelas X) hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Beliau menjelaskan secara detail mengenai narkoba. Mulai dari pengertian, efek, penyebab orang menggunakan narkoba, ciri-ciri pengguna, dan masih banyak lagi. Beliau menjelaskan jika para pengedar narkoba menyasar anak SMP-SMA dalam menyebarluaskan narkoba. Hal tersebut dikarenakan emosi anak seusia tersebut masih sangat labil.

“Indonesia Emas di tahun 2045 sangat menaruh harapan besar kepada kalian para Generasi Z. Jangan sampai kalian merusak harapan tersebut dengan menyalahgunakan narkoba. Janganlah berani mendekatkan diri pada narkoba. Say No to Drug,” pesan Bapak Dandy kepada seluruh peserta kegiatan.

 

Siswa SMAHA sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan ini. Salah satunya yaitu Yumna Maheswari (X-4). “Penyuluhan tentang bahaya narkoba ini sangat bermanfaat, khususnya untuk kami Gen Z yang sedang merintis masa depan. Bapak Dandy menjelaskan banyak hal mengenai narkoba, seperti contoh, efek, dan cara untuk menghindari narkoba,” tambah Farhan. SMAHA “Say no to drugs, say yes to healthy life”.

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.