Kepala SMKN 10 Semarang Beri Motivasi di Acara Pamitan Wisuda Jurusan Kimia 2023 Unnes

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd., memberikan motivasi pada acara Pamitan Wisuda 118 Jurusan Kimia 2023 Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang dilaksanakan pada Jum’at, 8 Desember 2023 di Hotel Grasia Semarang (Ruang Merapi) Lantai 2.

Acara tersebut dihadiri oleh Kaprodi Kimia, Prof. Dr. Nanik Wijayati, M.Si., Kaprodi Pendidikan Kimia, Dr. Agung Tri Prasetya, M.Si., Kaprodi Farmasi, Willy Tirza Eden, S.Farm, Apt. M.Si., Koordinator Lab Kimia, M. Alauhdin, M.Si. Ph.D., Prof. Dr. Murbangun Nuswowati, M.Si., Pendamping Hima, Siti Herlina Dewi, M.Pd., dan Dr. Harjono, M.Si.

Dihadapan wisudawan dan wisudawati jurusan Pendidikan Kimia, Kimia, dan Farmasi, Kepala SMKN 10 Semarang memaparkan kiat membangun reputasi diri untuk mewujudkan karir gemilang.

Kepala SMKN 10 Semarang yang juga alumnus Pendidikan Kimia tahun 1997 sangat senang bisa berbagi dengan adik-adik kelasnya.

“Reputasi diri adalah gambaran tentang diri kita yang dilihat oleh orang lain. Reputasi diri sangat penting untuk menentukan kesuksesan kita di dunia kerja. Reputasi diri dibentuk oleh tiga hal, yaitu kinerja, sikap, dan komunikasi,” ujar Kepala SMKN 10 Semarang.

Menurut Kepala SMKN 10 Semarang, kinerja adalah hasil kerja yang dapat diukur dan dinilai. Kinerja yang baik menunjukkan bahwa kita memiliki kompetensi dan profesionalisme dalam bidang kita. Kinerja yang baik juga menunjukkan bahwa kita memiliki tanggung jawab dan integritas dalam menjalankan tugas kita.

Sikap adalah perilaku yang mencerminkan karakter dan nilai-nilai kita. Sikap yang baik menunjukkan bahwa kita memiliki etika dan moral yang tinggi. Sikap yang baik juga menunjukkan bahwa kita memiliki respek dan empati terhadap orang lain.

Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan informasi, ide, dan emosi. Komunikasi yang baik menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Komunikasi yang baik juga menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan beradaptasi dan bekerja sama dengan orang lain.

“Kita harus selalu berusaha meningkatkan kinerja, sikap, dan komunikasi kita agar reputasi diri kita semakin baik. Reputasi diri yang baik akan membuka banyak peluang dan kesempatan bagi kita untuk meraih karir yang gemilang.

Saya yakin kalian semua memiliki potensi dan bakat yang luar biasa. Saya berharap kalian semua dapat mewujudkan cita-cita dan impian kalian,” tutup Kepala SMKN 10 Semarang.

Penulis : Anni Rahayuningsih, S. Hum, Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang