Gembira Masuk Sekolah di Semester Dua

Libur semester ganjil telah usai. Hari ini, Selasa (2/1/2024) merupakan hari pertama siswa siswi SMA Islam Hidayatullah masuk sekolah sekaligus menandai dimulainya semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Di hari pertama ini, sekolah mengadakan apel pagi sekaligus pengumuman siswa berprestasi untuk menyulut kembali semangat belajar mengajar di SMAHA.

“Kejujuran”, itulah sepenggal kisah yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Nur Huda, S.Pd.I., selaku pembina apel. Beliau menceritakan kisah Abdul Qadir kecil yang selalu berkata dan berbuat jujur saat menempuh pendidikan. “Sebagai pelajar, kalian harus memegang teguh birul walidain dan berkata jujur dalam setiap waktu,” tambah Bapak Huda.

Di penghujung apel, Bapak Taufik Nur Hidayati, S.Pd., waka kurikulum membacakan pengumuman penghargaan untuk siswa yang meraih prestasi akademik semester gasal tahun  pelajaran 2023/2024. Orang tua/wali siswa berprestasi juga hadir dalam apel ini. Berikut siswa- siswi yang telah berhasil menyabet penghargaan sebagai siswa berprestasi. Kelas XII jurusan MIPA diraih oleh Zahra Nabiha (ranking  1 paralel dari kelas XII MIPA 2), Hasan Tsabit A (ranking 2 paralel dari kelas XII MIPA 1), dan Aisyah Muna (ranking 3 paralel dari kelas XII MIPA 2). Kelas XII jurusan IPS diraih oleh Muhammad Akhtar Fazel Q. (ranking  1 paralel dari kelas XII IPS 1), Salsabila Miftahul J (ranking 2 paralel dari kelas XII IPS 2), dan Alya S (ranking 3 paralel dari kelas XII IPS 2). Kelas XI putra diraih oleh M. Irfan Hidayat (ranking  1 paralel dari kelas XI 1), M. Dzulfikar A (ranking 2 paralel dari kelas XI 1), dan Hanan A (ranking 3 paralel dari kelas XI 2). Kelas XI putri diraih oleh Fadilah Intan (ranking  1 paralel dari kelas XI 3), Tandira Z (ranking 2 paralel dari kelas XI 4), dan Kayla Denaya S(ranking 3 paralel dari kelas XI 4). Kelas X putra diraih oleh Yuda A (ranking  1 paralel dari kelas X 2), Ryotara (ranking 2 paralel dari kelas X 2), dan Hanif Nur F  (ranking 3 paralel dari kelas X 1). Kelas X putri diraih oleh Pandan Kinanthi (ranking  1 paralel dari kelas X 3), Aisyah A (ranking 2 paralel dari kelas X 4), dan Annisa Aska (ranking 3 paralel dari kelas X 3).

Ibu Lutfiyatin Inayah, S.Pd.I juga mengumumkan tiga siswa SMAHA yang berhasil menyabet medali emas dalam event Indonesia International Applied Sciene Project Olympiad (I2ASPO) 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan Depertement Aktuaria FSAD ITS  Surabaya, 19-22 Desember 2023 lalu. Ketiga siswa tersebut yaitu Khansa Ghina Zahratusyifa (X-4), Nazneen Aliyah Shakirania Yuwono (X-3), dan Faiza Khansa Nugraha (X-3). 

Sebagai apresiasi, masing-masing siswa berprestasi mendapatkan hadiah dari sekolah. Khusus bagi siswa yang meraih prestasi ranking 1 paralel  mendapatkan tambahan hadiah yakni beasiswa dari Yayasan Abul Yatama berupa bebas uang jariyah/SPP selama satu semester.

“Alhamdulillah atas prestasi yang diraih anak saya. Ini merupakan hasil dari doa, usaha, dan ikhtiar buah  ananda dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab. Terima kasih kepada Bapak Ibu guru SMAHA yang  telah membimbing Pandan.   Semoga  prestasi ini dapat memotivasi siswa siswi lainnya,” ujar Tri Tusmi Ambarsari, S.Sos., Ibunda Pandan (X 3).

Selamat kepada para siswa berprestasi, selamat mempertahankannya dan tetap diiringi dengan ikhtiar, do’a, dan tawakal!

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.