BBPPMPV Seni dan Budaya Gelar Webinar Sosialisasi Penanggulangan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan

Semarang, 20 Desember 2023 – Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pembentukan Tim Penanggulangan dan Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan secara daring pada hari Rabu, 20 Desember 2023, pukul 08.30 WIB.

Kegiatan webinar ini dihadiri oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, termasuk Kepala Sekolah dan Tim TPPK (Tim Penanggulangan dan Pencegahan Kekerasan) dari SMKN 10 Semarang.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya, Ibu Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd, menyampaikan, “Kami merasa ikut tergerak dalam implementasi Permendikbud 46/2023 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. Hal ini penting karena Satuan Pendidikan adalah taman bermain anak-anak yang harus aman dari tindak kekerasan.”

Kepala SMKN 10 Semarang, Ardan Sirodjuddin, M.Pd, menyambut baik webinar ini dan menekankan pentingnya kerjasama dalam mencegah kekerasan di lingkungan pendidikan. “Selaku pimpinan di satuan pendidikan, kami berupaya semaksimal mungkin agar kekerasan tidak terjadi di satuan pendidikan. Upaya ini perlu kerjasama dengan berbagai pihak agar anak-anak terlindungi dari kekerasan baik verbal maupun fisik.”

Webinar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada para kepala sekolah dan tim TPPK tentang strategi penanggulangan dan pencegahan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan. Dengan kolaborasi yang kuat antarlembaga pendidikan, diharapkan ke depannya akan tercipta lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan optimal bagi siswa.

Penulis : Helmi Yuhdana, MM, Waka Kesiswaan SMKN 10 Semarang