SMAHA Sambut Awal Tahun dengan Pemeriksaan Kesehatan

Kesehatan fisik merupakan salah satu aspek yang berpengaruh pada konsentrasi belajar. Apabila seseorang secara fisik tidak sehat, maka akan sulit berkonsentrasi. Sebagai bentuk kepedulian  terhadap warga sekolah, SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) mengadakan pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan puskesmas Padangsari, Banyumanik, Semarang.

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada Senin-Selasa (8-9 Januari 2024). Kegiatan rutin tahunan ini merupakan lanjutan dari screening kesehatan yang pernah dilakukan pada semester gasal lalu. Jika pada saat itu target screening adalah kelas X, untuk kali ini targetnya kelas XI, XII, serta guru dan karyawan.

Terdapat beberapa rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, mulai dari pengukuran tinggi dan berat badan, cek gula darah, cek ketajaman mata, pemeriksaan gigi, serta pemeriksaan kesehatan secara umum yang meliputi pemeriksaan kuku dan telinga. Tim medis dari puskesmas Padangsari melakukan pengecekan kepada siswa secara bergantian.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendeteksi secara dini kesehatan siswa.  Jadi jika ada siswa yang terdeteksi penyakit bisa ditangani sejak awal. Nantinya hasil tersebut akan disampaikan ke siswa atau pihak sekolah untuk disampaikan ke orang tua,” tutur Ibu AMd.Kes., salah satu tim pemeriksaan. 

      Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.