Pelepasan dan Penerimaan Siswa Praktik Kerja Lapangan Kelas Industri Horison

Jumat, 5 Januari 2024 bertempat di meeting room Hotel Horison Nindya Semarang berlangsung acara pelepasan dan penerimaan Kelas Industri Horison (KIH). Pelepasan dilakukan bagi siswa XII KIH batch 1 yang sudah selesai melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Horison Group selama satu tahun. Sedangkan kegiatan penerimaan bagi siswa XI KIH batch 2 yang akan melaksanakan PKL selama satu tahun juga.

Sejak tahun 2021, SMK Negeri 6 Semarang  mulai menjalin kerja sama dengan PT. Metropolitan Golden Management (PT. MGM), perusahaan yang menaungi Hotel Horison (Horison Group) yang ada di seluruh Indonesia pada pelaksanaan kelas industri. SMK Negeri 6 Semarang merupakan SMK ketiga setelah SMK Negeri 57 Jakarta dan SMK Negeri 6 Jogyakarta pada pelaksanaan KIH.

Dimulai dari awal Januari 2023, sebanyak 35 siswa KIH batch 1 telah melaksanakan PKL selama satu tahun yang berakhir pada tanggal 3 Januari 2024. PKL KIH dilaksanakan setelah siswa menerima pembelajaran selama dua semester. Pembelajaran tersebut diajarkan oleh guru-guru dari Horison Group di Semarang yang terdiri dari para General Manager atau Head of Departement. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang disusun bersama dan sudah disinkronkan bersama pula.

Pada kesempatan tersebut, Dra. Almiati, M.Si selaku Kepala SMK Negeri 6 Semarang menyampaikan ucapan terima kasih kepada direksi PT. MGM beserta jajaran atas penghargaan yang diberikan oleh PT. MGM ke SMK Negeri 6 Semarang terkait KIH. SMK Negeri masih diberikan kepercayaan oleh PT. MGM untuk perekrutan siswa KIH batch 3 yang akan berlangsung pada bulan Januari ini.  Begitu pula hal yang sama disampaikan oleh Drs. Basari Bachri, MM selaku Direktur PT. MGM. Beliau menyampaikan juga, bahwasanya setelah siswa XII KIH lulus nanti akan langsung diterima 100 % untuk bekerja di Hotel Horison tanpa syarat apapun.

Penulis : Tim Humas SMK Negeri 6 Semarang

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.