Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Kegiatan Shell NXplorers 2024

Berpikir kritis merupakan keterampilan abad 21 yang sangat diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Keterampilan ini sangat diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan. Permasalahan dalam proses belajar mengajar dapat berupa masalah bidang akademik atau nonakademik. Salah satu permasalahan bidang nonakademik yang sangat memerlukan keterampilan berpikir kritis adalah riset.

Riset merupakan bagian kegiatan belajar mengajar bidang nonakademik. Umumnya, kegiatan ini diaplikasikan dalam bentuk ekstrakurikuler atau kelompok ilmiah remaja. Riset sangat erat kaitannya dengan keterampilan problem solving dan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis sangat berguna ketika siswa menganalisis permasalahan untuk mencari solusinya. Salah satu kegiatan yang sangat memacu siswa untuk mengasah keterampilan berpikir kritis diantaranya mengikuti pelatihan riset. Pelatihan riset bagi siswa tentunya dapat menambah pengetahuan, keterampilan menganalisis dan mengasah keterampilan berpikir kritis. Beberapa pelatihan riset di antaranya Pelatihan Shell NXplorers.

Shell NXplorers adalah program global untuk membekali pelajar dengan design thinking, metode kreatif untuk menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara berpikir baru yang disebut NXthinking. NXthinking menggabungkan cara berpikir dalam kerangka sistem (system thinking), perencanaan skenario masa depan (scenario planning) dan teori perubahan (theory of change). Melalui cara berpikir dan keterampilan baru ini, pelajar didorong menjadi agen perubahan positif bagi berbagai persoalan dan tantangan besar di masa depan (Shell NExplorers, 2024).

Alhamdulillah tahun ini, SMA Islam Hidayatullah diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan Shell NExplorers yang dilaksanakan secara luring di Horison Inn Alaska Semarang pada Sabtu, 13 Januari 2024. SMA Islam Hidayatullah mengirimkan 2 tim untuk mengikuti pelatihan dengan didampingi oleh Miss Agitha. Harapan ke depan, semoga SMA Islam HIdayatullah dapat menerapkan hasil pelatihan Shell NExplorers dalam proses belajar mengajar bidang akademik atau nonakademik. Khusus di bidang riset, harapannya dapat dilanjutkan menjadi proposal untuk dikembangkan menjadi penelitian yang sangat bermanfaat atau dipresentasikan dalam event perlombaan. Tim SMAHAGOLD01 yang diwakili Azkiyya dan Flara menyampaikan responnya terkait pelatihan tersebut, “Alhamdulillah diberikan kesempatan mengikuti pelatihan yang sangat bermanfaat ini, harapannya ke depan ada kesempatan lagi dan insyaAllah akan kami lanjutkan ke proposal penelitian”, ujar Azkiyya setelah mengikuti pelatihan. Selain itu, dari tim SMAHAGOLD02 yang diwakili Fawnia juga menyampaikan responnya dengan mengatakan “Alhamdulillah, selain ilmu pelatihan yang didapat, jadi tahu bahwa banyak di luar sana sekolah-sekolah terbaik dengan kemampuan terbaik.”

Salam Fisika is Everything !

Penulis : Puji Iman Nursuhud, M.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.