Sekolah Anti Banjir SMKN 10 Semarang Diliput Jawa Pos TV

Semarang, 05 Januari 2024 – Banjir yang kerap melanda kawasan Panggung Kidul, Semarang Utara, tidak lagi menjadi momok bagi SMK Negeri 10 Semarang. Berkat inovasi yang dilakukan oleh sekolah, banjir dapat diatasi dengan baik. Inovasi tersebut adalah pembuatan mini kanal yang menghubungkan sekolah dengan sungai di depannya.

Mini kanal ini berfungsi sebagai saluran air yang dapat mengalirkan air hujan dari sekolah ke sungai. Dengan demikian, air tidak akan menggenang di halaman sekolah. Selain itu, mini kanal ini juga dilengkapi dengan pompa air yang dapat menghisap air dari kolam retensi di sekolah dengan sungai untuk pembuangan.

Keberhasilan SMKN 10 Semarang mengatasi banjir di akhir tahun 2023 menarik minat Jawa Pos TV untuk meliput. Selasa, 02 Januari 2024, wartawan Jawa Pos TV hadir di sekolah dan ditemui oleh Kepala SMKN 10 Semarang Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd dan didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana, Bapak Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd. Wartawan dari Jawa Pos TV didampingi Kepala Sekolah dan Waka Sarana dan Prasarana berkeliling melihat mini kanal yang dibangun oleh sekolah untuk mengatasi banjir.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd mengatakan bahwa mini kanal yang dibangun ada tiga, di sisi utara, tengah, dan selatan. Dengan mini kanal ini, kejadian banjir tahun lalu tidak terulang di tahun ini. “Alhamdulillah, kami tidak lagi terganggu dengan banjir. Mini kanal ini sangat efektif dalam mengatasi masalah air yang biasanya menggenang di halaman sekolah,” ujar Bapak Ardan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Bapak Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd menjelaskan bahwa mini kanal ini menjadi tampungan air agar tidak masuk ke kelas, bengkel, laboratorium komputer, dan ruang guru. Kemudian air dari mini kanal di sedot menggunakan pompa untuk dibuang ke sungai. “Kami juga melengkapi dengan genset untuk mengantisipasi jika listrik mati pompa tetap menyala. Dengan demikian, kami bisa memastikan bahwa sekolah kami tetap aman dan nyaman meskipun hujan deras,” ucap Bapak Yunan.

Liputan Jawa Pos TV dapat dilihat dibawah ini :

 

Penulis : Anni Rahayuningsih, S.Hum, Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang