Satpol PP Goes to SMK Negeri 3 Semarang

Semarang, 15 Januari 2024 – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan perangkat daerah yang dibentuk untuk menegakkan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan pelindungan masyarakat. Salah satu program yang diselenggarakan oleh Satpol PP Provinsi Jawa Tengah tahun 2024, yaitu Satpol PP Goes to School (SGS).

SMK Negeri 3 Semarang menjadi SMK pertama di tahun 2024 yang menjadi sasaran program Satpol PP Goes to School. Eko Maryanto, S.Kom., M.kom. selaku Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah menjadi Pembina Upacara dalam Kegiatan Satpol PP Goes to School. Tema Satpol PP Goes to School adalah Stop Bullying, karena akhir-akhir ini marak kejadian bullying yang dialami pelajar Indonesia. Beliau menyampaikan Indonesia termasuk 5 besar Negara dengan jumlah pelajar yang mengalami bullying tertinggi sekitar 41,1% dari 44,19 juta jumlah pelajar dari hasil penelitian Programme for Internasional Student Assesment (PISA) tahun 2018. Selain itu, Beliau juga menyampaikan bahwa Satpol PP sebagai mitra pelayanan masyarakat yang bertujuan untuk menjamin ketertiban dan perlindungan terhadap masyarakat. “Sekolah harus mampu mencegah dan mengurangi terjadinya perundungan (bullying), stop bullying” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Beliau juga membuka acara Deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMK Negeri 3 Semarang. Deklarasi ini menjadi salah satu wujud komitmen bersama antara civitas akademika SMK Negeri Semarang dengan pemangku kebijakan (stake holder). Kegiatan dilaksanakan dengan penyampaikan pernyataan komitmen yang diikuti oleh semua warga sekolah, dilanjutkan penandatanganan prasasti deklarasi oleh Kepala Satpol PP, Kepala Sekolah, Guru, serta semua ketua kelas X, XI, XII, dan XIII. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam memberikan pelayanan optimal kepada siswa, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta terciptanya iklim belajar yang positif.

SMK Hebat, SMK Bisa, SMK Negeri 3 JITU “Jujur Inovatif Terampil dan Unggul”.

Vokasi Kuat, Menguatkan Indonesia.

 

Penulis : Humas SMK N 3 Semarang