Peluncuran Fitur Perpustakaan Digital SLB Negeri Ungaran   untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Menurut UNESCO, kemampuan literasi adalah kecakapan kita untuk mengidentifikasi, memahami, menginterpretasikan, menciptakan, dan mengomunikasikan sesuatu dalam dunia yang berubah dengan begitu cepat, jenuh akan informasi, serba digital, dan berbahasa tulis. Berdasarkan pengertian di atas, kemampuan literasi tidak hanya terpaku pada kemampuan membaca saja, melainkan kecakapan dalam memahami informasi baik secara tertulis maupun digital. 

Kemampuan literasi siswa perlu ditingkatkan untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan dan juga memahami informasi yang ada di lingkungan sekitar (masyarakat). Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di SLB Negeri Ungaran adalah dengan mengajak siswa untuk membaca buku di perpustakaan sekolah. Pada Kamis, 11 Januari 2024, SLB Negeri Ungaran meluncurkan fitur “Perpustakaan Digital  SLB Negeri Ungaran” yang dapat diakses melalui tautan http://www.slbnungaran.sch.id/p/perpustakaan-digital.html

Perpustakaan Digital SLB Negeri Ungaran dapat diakses oleh guru, siswa, maupun orang tua siswa. Melalui fitur ini, kegiatan membaca dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sehingga, siswa dengan hambatan fisik yang memiliki keterbatasan dalam mobilitas dapat dengan mudah mengakses koleksi buku yang ada di perpustakaan. Selain itu, dengan adanya perpustakaan digital ini, siswa dengan hambatan intelektual yang tidak mampu membaca dapat mengembangkan kemampuan literasinya baik bersama guru maupun orang tua. Adanya kemudahan akses membaca ini, guru dan orang tua dapat membacakan buku cerita yang disukai anak. Sehingga, siswa dengan hambatan intelektual juga dapat memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan kemamuan literasi.

Ibu Wiji Rahayu, S. Pd., selaku Kepala SLB Negeri Ungaran menyampaikan melalui fitur Perpustakaan Digital SLB Negeri Ungaran. Beliau berharap fitur ini dapat meningkatkan minat baca siswa. Dengan adanya kesadaran untuk membca dan memperoleh pengetahuan baru, maka akan turut meningatkan kemampuan literasi siswa sebagai bekal kecakapan hidup siswa setelah lulus sekolah.

Penulis : SLB Negeri Ungaran.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.