Mastering the Art of Public Speaking di SMK N 3 Semarang by Nexa

Semarang, 16 Januari 2024 – Public speaking merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menyampaikan atau mempresentasikan secara lisan suatu masalah atau topik di depan khalayak. SMK Negeri 3 Semarang bekerja sama dengan PT Internet Mulia Untuk Negeri (Nexa) yang merupakan sebuah perusahan berkembang di bidang teknologi informasi menyelenggarakan kegiatan Mastering the Art of Public Speaking. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung aula SMK Negeri Semarang, dan diikuti oleh siswa kelas X yang berjumlah 210 orang.

Harti, S.Pd., M.Kom., selaku kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Public speaking memiliki peran yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini membantu dalam berbagai situasi seperti presentasi di sekolah, berbagi ide-ide dalam diskusi kelompok, menyampaikan pendapat dalam pertemuan, atau bahkan berbicara di hadapan keluarga dan teman-teman. Dengan public speaking yang baik, kamu dapat menyampaikan pesan dengan lebih jelas, menginspirasi orang lain, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka di sekitar kamu.

Selaras dengan itu, Banyuangop selaku narasumber sekaligus Founder dan Trainer Speaklah.id dalam paparannya menyampaikan pentingnya kemampuan public speaking. Mungkin semua orang ketika diminta untuk berbicara di depan umum pasti mampu melakukannya, tetapi tidak semua orang ketika melakukan public speaking bisa diterima dengan baik oleh audiensnya. Public speaker yang baik biasanya menyampaikan informasi yang jelas dan bisa dipahami oleh audiensnya. Kemampuan berbicara di depan umum ini sangat penting diasah sejak usia dini. Pasalnya berbicara di depan umum akan sangat dibutuhkan di dunia kerja. Kemampuan ini harus selalu diasah agar bisa terus berkembang, apalagi siswa kelas X yang masih punya banyak waktu untuk belajar dan meningkatkan kemampuan tersebut. Beliau juga memberikan tips-tips agar kemampuan public speaking terus berkembang antara lain latihan berbicara di depan kaca, menguasai materi yang akan disampaikan, tarik nafas sedalam-dalamnya sebelum maju, latihan rutin, dan mengenali audiens.

SMK Hebat, SMK Bisa, SMK Negeri 3 JITU “Jujur Inovatif Terampil dan Unggul”.

Vokasi Kuat, Menguatkan Indonesia.

Penulis : Humas SMK Negeri 3 Semarang