SMK N 3 Semarang Sarapan Pagi ( Gasapa) Bersama Alumni Berbagi Inspirasi

Semarang, 19 Januari 2024 – Dalam rangka membangun kebersamaan dan memperkuat ikatan tali persaudaraan, SMK Negeri 3 Semarang menyelenggarakan kegiatan Stemga Sarapan Pagi (GASAPA) yang dimotori oleh Bidang Kesiswaan. Kegiatan tersebut bertempat di gedung aula, bengkel dan ruang kelas serta diikuti oleh semua siswa yang berjumlah 1485 orang dan guru/karyawan. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para alumni SMK Negeri 3 Semarang dari lintas generasi.

Harti, S.Pd., M.Kom., selaku kepala sekolah memaparkan bahwa SMK Negeri 3 Semarang memberikan peluang-peluang sukses melalui berbagai kegiatan seperti ekstra kurikuler, pelatihan public speaking, organisasi siswa, dan berbagai lomba siswa. Beliau juga membagikan kisah inspiratif tentang perjalanan karir yang ditempuh. Tumbuh dari keluarga yang tidak mampu, dengan usaha keras dan kegigihan akhirnya bisa mendapatkan beasiswa pendidikan sejak bangku SMK, S1, dan S2. Berbagai prestasi yang pernah ditorehkan antara lain berkesempatan menjadi supervisor ajang kompetisi inovasi remaja tingkat Asia Pasifik di Thailand Tahun 2012; mengunjugi Perancis, Belgia dan Belanda untuk studi banding bidang pendidikan Tahun 2015; menandatangani nota kerja sama dengan perusahaan di Jepang Tahun 2022; serta mengunjugi Vietnam, Singapura Tahun 2022. Prestasi tersebut tentunya tidak bisa dicapai dengan cara yang instan, “karena kesuksesan perlu usaha yang berbeda dari biasanya disertai kegigihan dan komitmen dalam mencapai cita-cita” tutupnya.

Hal ini dikuatkan dengan motivasi yang disampaikan oleh mas Ilham sebagai alumnus SMK Negeri 3 Semarang angkatan 2006 jurusan Listrik Pemakaian. Beliau menyampaikan perjalanan karir dari lulus sekolah sampai akhirnya sukses seperti saat ini. Ketika lulus sekolah, beliau bingung mau kerja dimana, kerja apa. Berbagai pekerjaan pernah digeluti seperti pekerja bangunan walaupun tidak linier dengan jurusan ketika sekolah. Pindah dari pekerjaan satu ke perkerjaan yang lain tentunya memiliki tantangan yang berbeda pula sehingga harus selalu adaptif dan siap mental. Setelah lelah bekerja sebagai karyawan, akhirnya beliau membulatkan tekad untuk memulai menjadi wirausaha yaitu wirausaha souvenir. Pemasaran produk dilakukan melalui media sosial instagram (@omahsouvenirungaran) secara massif dan konsisten sehingga mampu membawa pada titik kesuksesan. “Jika ingin mencapai keberhasilan di atas orang lain, maka harus berusaha di atas orang lain pula” pungkasnya.

Sejalan dengan mas Ilham, mas Lukman yang juga alumnus SMK Negeri 3 Semarang menguatkan bahwa mulai dari bangku sekolah harus mempunyai cita-cita yang akan digapai, diiringi dengan usaha yang optimal dan tentunya doa. Selain itu, penting untuk membangun relasi yang positif dengan siapapun, karena kesuksesan tidak dapat terwujud jika dilakukan sendiri. “Kuncinya adalah kolaborasi dan relasi yang sehat” ujarnya.

Kegiatan GASAPA ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan semangat baru untuk menggapai cita-cita. Tetap semangat dan teruslah berkarya. STEMGA JITU “Jujur, Inovatif, Terampil, Unggul”.

SMK Hebat, SMK Bisa, SMK Negeri 3 JITU “Jujur Inovatif Terampil dan Unggul”.

Vokasi Kuat, Menguatkan Indonesia.

 

Penulis : Humas SMK Negeri 3 Semarang