Membangun Keterhubungan dengan Alam: Penyerahan Bibit kepada Siswa, Wali Murid, dan Guru di SMAN 1 TENGARAN

Pendidikan lingkungan di sekolah tidak hanya berkutat pada teori, tetapi juga mengajak seluruh komunitas sekolah untuk terlibat secara langsung dalam upaya pelestarian alam. Salah satu inisiatif yang membangun kesadaran dan keterhubungan ini adalah penyerahan bibit kepada siswa, wali murid, dan guru di sekolah. Pada kegiatan Upacara Bendera hari Rabu, tanggal 17 Januari 2024 secara simbolis Kepala SMAN 1 Tengaran Bapak Drs. Tri Ajar Suprapto Al Kusworo, M. Pd. menyerahkan bibit kepada perwakilan siswa, wali murid, dan guru. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal turut serta menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan juga mengajarkan nilai-nilai penting tentang tanggung jawab terhadap alam.

Penyerahan bibit bertujuan untuk membangun kesadaran di kalangan siswa, wali murid, dan guru tentang pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan kehidupan tanaman. Kesempatan ini juga digunakan  untuk melibatkan seluruh warga SMAN 1 Tengaran untuk terlibat secara aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Inisiatif ini juga bertujuan untuk mendidik siswa tentang tanggung jawab mereka terhadap alam dan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati.

Dampak positif yang diharapkan adalah peningkatan kesadaran lingkungan. Penyerahan bibit menciptakan kesempatan untuk mendiskusikan isu-isu lingkungan dan mendorong siswa, guru, dan wali murid  SMAN 1 Tengaran untuk mempertimbangkan dampak  dari pilihan hidup mereka pada alam. Harapannya dengan  merawat tanaman, warga SMAN 1 Tengaran  dapat merasakan keterhubungan yang lebih  dengan alam. Kegiatan bercocok tanam juga dapat  memiliki efek positif pada kondisi emosional. Menciptakan lingkungan yang hijau dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati ke arah yang positif.

Penyerahan bibit dapat menjadi bagian dari proyek sekolah berkelanjutan yang melibatkan komunitas dalam upaya menjadikan sekolah sebagai agen perubahan. Penyerahan bibit menjadi tradisi tahunan yang dilakukan SMAN 1 Tengaran untuk membangun keberlanjutan dan memberikan warisan berkelanjutan bagi generasi mendatang. Kegiatan ini  bukan hanya tentang menanam tanaman, tetapi juga tentang menanam nilai-nilai lingkungan yang mendalam. Dengan melibatkan seluruh warga sekolah, inisiatif ini menciptakan perubahan positif yang tidak hanya terbatas pada lingkungan fisik, tetapi juga menciptakan budaya peduli terhadap alam yang berkelanjutan.

Penulis : Ulfa Kurniawati, S. Pd. Humas SMAN 1 Tengaran.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.